Minggu, 10 Februari 2013

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Metode Inhalasi

Bayi Anda terjangkit batuk dan pilek? Tidak tega mendengar suaranya yang serak alasannya ialah dahak? Atau Anda tak kuasa mendengar nafasnya yang sulit alasannya ialah hidungnya tersumbat? Jangan khawatir! Anda tak perlu buru-buru membawanya ke dokter anak. Cukup ikuti beberapa tips cara mengeluarkan dahak pada bayi menyerupai kami kutip dari situs WebMD.com berikut ini dan lihat keampuhannya.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Seperti kita ketahui bahwa bayi memang sangat rentan terhadap serangan penyakit batuk dan flu, terutama pada usia-usia kritis menyerupai usia 1 bulan, 3 bulan, atau 8 bulan. Saat terjangkit penyakit ini, sebagai ibu kita sering kali dibentuk was-was dan khawatir. Selain alasannya ialah duduk kasus hidung tersumbat yang dialaminya, batuk dan flu yang umumnya juga mengakibatkan bergumulnya dahak di tenggorokan si bayi dan menciptakan bunyi lucunya menjadi parau dan serak.

 Tidak tega mendengar suaranya yang serak alasannya ialah dahak Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Metode Inhalasi
Bagi orang dewasa, batuk tentu akan akan sanggup dengan gampang diatasi. Cukup dengan minum obat batuk warung atau obat tradisional batuk, penyakit satu ini dengan beberapa haripun niscaya akan sirna. Keadaan berbeda berlaku bagi bayi Anda. Bayi (terutama yang berusia dibawah 1 tahun) tidak dianjurkan untuk minum obat-obatan alasannya ialah kekebalan tubuhnya yang masih sangat sensitif terhadap hadirnya zat ajaib yang berasal dari materi aktif obat tersebut. Oleh alasannya ialah hal inilah maka penanganan batuk pada bayi dianjurkan untuk memakai cara-cara alami melalui metode pengeluaran dahak baik dari lisan maupun hidungnya.

Cara Ampuh Mengeluarkan Dahak Bayi melalui Inhalasi

Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi yang dikenal cukup ampuh ialah teknik inhalasi. Inhalasi merupakan metode stimulasi pengeluaran dahak melalui uap air hangat yang dicampurkan dengan aroma terapi tertentu. Inhalasi akan menciptakan dahak bayi yang masih kental keluar baik dari lisan maupun dari hidungnya. Jika Anda ingin mencoba menerapkan cara mengeluarkan dahak pada bayi melalui metode inhalasi, berikut ini ialah beberapa langkah kerja yang sanggup Anda praktikan.


1. Siapkan Minyak Kayu Putih dan Air Panas

Langkah pertama, sediakan sebuah bejana kecil atau rantang yang sudah dicuci bersih. Tuangkan 2 sendok minyak kayu putih ke dalamnya, kemudian siram memakai 1 liter air panas yang mendidih. Aduk supaya minyak kayu putih sanggup menyebar sehingga air panas sanggup mengeluarkan aromanya melalui uap yang dikeluarkan.

2. Uapi Wajah Bayi

Selanjutnya uapi wajah bayi Anda dengan uap yang keluar dari rantang. Biarkan beliau menghirup aroma uap minyak kayu putih beberapa saat. Penguapan dilakukan dengan posisi bayi tengkurap dalam pangkuan Anda. Jaga tangan bayi supaya ia tak meraih bejana atau rantang yang berisi air panas tadi.

3. Tepuk Punggungnya

Untuk memaksimalkan hasil dari cara mengeluarkan dahak bayi melalui metode inhalasi, selama proses penguapan, jangan lupa untuk terus menepuk punggung si bayi memakai teknik cupping. Tepuklah di bab kiri dan kanan punggung, bukan di bab tengahnya. Menepuk kiri dan kanan punggung berarti kita menepuk paru-parunya, sedangkan menepuk tengah punggung berarti kita menepuk tulang rusuk dan syaraf pusatnya. Tepuk seperlunya jangan terlalu keras.

 Tidak tega mendengar suaranya yang serak alasannya ialah dahak Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Metode Inhalasi
Selama proses penguapan ini, bayi Anda mungkin akan meronta dan minta dilepaskan. Dia mungkin akan menjerit dan menangis, namun jangan khawatir. Saat ia mulai menangis, dahak di tenggorokannya berarti sudah encer dan mulai memaksa keluar. Biarkan saja dan tetap uapi wajah bayi Anda.

4. Biarkan Bayi Mengeluarkan Dahaknya

Setelah 5 – 10 menit diuapi aroma minyak kayu putih, lendir dan dahak dengan gila akan keluar dari lubang hidung si bayi. Dahak yang keluar berbentuk menyerupai ingus kental sehingga akan membentuk balon-balon menyerupai sanggup dilihat pada gambar di atas. Bersihkan semua dahak tersebut dengan tisyu basah.kemudian olesi telapak kakinya memakai minyak irisan bawang putih dan minyak kayu putih. Susui dan biarkan beliau tertidur sehabis lelah menangis dan mengelurkan dahaknya.

Nah, itulah panduan cara mengeluarkan dahak pada bayi yang sanggup Anda praktikan. Setelah bayi Anda berdiri dari tidurnya, cobalah perhatikan suaranya.  Jika masih serak, berarti masih ada dahak yang tersisa di dalam tenggorokannya. Ulangi lagi langkah-langkah di atas sehabis 3 hari jikalau dirasa perlu. Tapi biasanya sehabis 3 hari, dahak yang tersisa pun akan hilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Metode Inhalasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email