Kamis, 07 Maret 2013

Mimisan Dikala Hamil Muda? Ini Ancaman Dan Cara Mengatasinya!

Pada usia kehamilan trimester pertama tamat dan trimester kedua awal (hamil muda), beberapa ibu hamil sering kali mengalami keluhan berupa mimisan. Keluhan ini sanggup terjadi alasannya yaitu pada usia kehamilan tersebut volume darah ibu hamil meningkat secara drastis disertai oleh pembesaran pembuluh darah di beberapa jaringan badan dan peningkatan tekanan darah. Mengingat bahwa membran pembuluh darah di lubang hidung merupakan membran paling tipis, maka jikalau terdapat sedikit saja benturan pada area di sekitarnya, mimisan pun bisa eksklusif terjadi. Nah, jikalau Anda termasuk orang yang sering mengalami mimisan ketika hamil muda, tips-tips berikut ini mungkin bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Mimisan ketika Hamil

Untuk mengatasi mimisan ketika hamil, Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sembarang obat menyerupai halnya ketika Anda sedang tidak hamil. Konsumsi obat secara sembarangan sangat berisiko bagi tumbuh kembang janin Anda.

 beberapa ibu hamil sering kali mengalami keluhan berupa mimisan Mimisan Saat Hamil Muda? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya!

Dari pada memakai obat-obat mimisan yang belum terjamin keamanannya bagi janin Anda, alangkah baiknya bila Anda memakai tips-tips alami yang cenderung zero risk. Di antara banyaknya tips alami mengatasi mimisan, berikut ini yaitu beberapa alternatif yang mungkin sanggup menjadi pilihan bagi Anda.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Tips mengatasi sering mimisan ketika hamil yang pertama yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ya, dengan memperbanyak cairan tubuh, pembentukan sel darah merah Anda akan semakin baik sehingga pelebaran pembuluh darah tidak akan hingga menipiskan membran dan menyebabkan mimisin.

Minum banyak air putih bagi ibu hamil juga sanggup membantu dalam banyak hal. Selain bisa mencegah dehidrasi, minum air putih juga bisa mengatasi beberapa keluhan mulai dari mual, kaki bengkak, gerah ketika hamil, dan lain sebagainya.

Selain air putih, Anda juga bisa menentukan beberapa minuman sehat untuk ibu hamil lainnya menyerupai susu, air rebusan kedelai, jus buah, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Vitamin C

Mencukupi kebutuhan vitamin C dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi mimisan yang Anda sering alami. Jika perlu, mintalah komplemen vitamin pada dokter atau tenaga medis biar kebutuhan vitamin Anda sanggup benar-benar tercukupi.

3. Hirup Udara dengan Lembut

Selain alasannya yaitu benturan, mimisan juga sanggup terjadi bila Anda menghirup udara dengan bernafsu secara terus menerus. Oleh alasannya yaitu itu, bila Anda ingin mencegah mimisan ketika hamil, bernafaslah dengan intensitas biasa, selain itu selalu jangan buka verbal Anda ketika bersin, batuk, atau ketika menguap biar tekanan udara di terusan pernafasan Anda tidak tersentak mendadak tinggi.

4. Hindari Udara Kotor

Jika Anda tidak ingin mimisan muncul, usahakanlah untuk menghindari udara kering dalam ruangan AC, udara ketika ekspresi dominan dingin, udara luar ketika ekspresi dominan panas, asap, udara kotor, dan abu jalanan. Seperti diketahui, beberapa partikel padat dalam udara tersebut bila terhirup sanggup memicu penipisan membran pembuluh darah dan memicu mimis Anda keluar.

5. Gunakan Sirih

Bila terlanjur mimisan Anda keluar, hentikanlah pendarahan dengan cara mengambil sehelai daun sirih muda, meremas dan menggulungnya hingga membentuk kerucut, kemudian menyumbat hidung Anda dengan daun sirih tersebut, biarkan beberapa saat, dan hirup aroma khas sirih tersebut dengan posisi wajah menghadap ke atas.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mimisan ketika hamil yang sanggup Anda terapkan. Cukup gampang bukan. Mimisan memang hal yang lumrah terjadi, terutama pada ibu hamil. Namun, ia juga tak bisa dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Jika volume darah yang keluar dari hidung sangat banyak dan tidak bisa terhenti, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan khusus secepatnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mimisan Dikala Hamil Muda? Ini Ancaman Dan Cara Mengatasinya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email