Minggu, 10 Februari 2013

8 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Tradisional

Masalah pencernaan yaitu problem utama yang niscaya akan diderita oleh bayi Anda di awal masa pertumbuhannya. Masalah ini disebabkan terutama lantaran sistem pencernaannya yang masih belum sanggup bekerja secara sempurna. Adapun salah satu problem pencernaan pada bayi yang sering kali menciptakan para ibu putus asa dan khawatir yaitu perut kembung. Perut kembung pada bayi terjadi lantaran jumlah gas yang masuk ke dalam badan bayi terlalu banyak ketika ia menyusu. Jika bayi Anda mengalami problem ini cobalah untuk menerapkan beberapa tips dan cara mengatasi perut kembung pada bayi menyerupai yang kami kutip dari situs detikHealth berikut ini.

Masalah pencernaan yaitu problem utama yang niscaya akan diderita oleh bayi Anda di awal ma 8 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi secara Tradisional

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi terjadi lantaran banyaknya gas (udara) yang masuk ke dalam usus dan lambungnya ketika ia menyusu. Selain itu, problem ini juga sanggup ditimbulkan akhir konsumsi susu formula yang terlalu banyak mengandung lemak. Jika bayi Anda mengalaminya, lakukanlah salah satu dari 8 cara mengatasi perut kembung berikut ini.

1. Terapkan Teknik Menyusui yang Benar

Untuk mencegah masuknya udara ke dalam perut bayi ketika sedang disusui, pastikan Anda telah menerapkan teknik menyusui yang benar. Jika bayi menyusu ASI, ketika menyusuinya posisikan kepala bayi berada lebih tinggi dari perutnya. Sedangkan bila bayi menyusu melalui dot, usahakan semoga ukuran dot, lubang, serta karet dot sesuai dengan usia bayi.


2. Stimulasi Sendawa

Selain sanggup dipakai untuk mengatasi cegukan pada bayi, stimulasi sendawa juga sanggup membantu mencegah perut kembung pada bayi Anda. Stimulasi sendawa dilakukan setiap bayi akhir disusui. Caranya yaitu dengan menggendongnya pada posisi tegak, menyandarkan kepalanya di pundak Anda, kemudian menepuk perlahan punggungnya sampai si bayi mulai bersendawa.

3. Gunakan Minyak Telon

Masalah pencernaan yaitu problem utama yang niscaya akan diderita oleh bayi Anda di awal ma 8 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi secara Tradisional
Mengoleskan minyak telon di sekitar perut dan punggung bayi juga sanggup membantu pengeluaran gas yang terperangkap di dalam ususnya. Setiap habis mandi atau ketika ia rewel cobalah untuk mengusapkan beberapa tetes minyak telon seraya memijatnya lembut dengan arah gerakan menyerupai yang disajikan gambar di samping. Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang satu ini cukup efektif bila dilakukan dengan telaten.

4. Gunakan Irisan Bawang Merah

Saat belum ada minyak telon, zaman dulu para ibu memakai irisan bawang merah untuk mengatasi problem perut kembung yang diderita bayinya. Mereka mengoleskan materi ini dan membiarkan sarinya yang keluar semoga merata ke seluruh perut dan punggung bayi. Sari bawang merah mengeluarkan sensasi hangat sehingga akan menstimulasi keluar gas melalui seringnya kentut. Meski terkesan jadul, namun tak ada salahnya Anda juga mencoba cara yang satu ini.

Masalah pencernaan yaitu problem utama yang niscaya akan diderita oleh bayi Anda di awal ma 8 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi secara Tradisional

5. Stop Susu Formula

Perut kembung pada bayi juga sanggup disebabkan oleh asupan susu formula yang mengandung banyak lemak. Lemak yaitu senyawa yang bahwasanya penting untuk membantu perkembangan bayi, namun beberapa bayi biasanya akan sulit mencernanya. Proses pencernaan lemak pada badan bayi akan menghasilkan banyak gas di perutnya sehingga akan memperparah keadaan. Untuk itu, bila bayi Anda mengalami perut kembung setiap kali diberi susu formula tertentu, maka hentikanlah pemakaian.

6. Minum Air Hangat

Memberi minum air hangat juga merupakan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang cukup ampuh. Air hangat yang masuk ke usus halus akan mendorong gas penyebab perut kembung untuk segera keluar melalui kentut. Cara ini sanggup diterapkan pada bayi yang berusia > 6 bulan. Jika di bawah usia tersebut, cukup ibunya saja yang rutin minum air hangat.

7. Biarkan Bayi Aktif

Cara mengatasi perut kembung pada bayi juga sanggup dilakukan dengan membiarkan bayi bergerak aktif. Gerakan-gerakan bayi akan mendorong proses pencernaan supaya berjalan lebih optimal, selain juga sanggup membantu keluarnya gas melalui kentut dan sendawa.

8. Kerokan

Meski terdengar ekstrim, kerokan nyatanya juga merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Ya, Anda boleh mengerok punggung bayi bila usia bayi Anda sudah > 1 tahun. Namun ingat, keroklah ia memakai bawang merah. Bukan dengan koin.

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang sanggup Anda terapkan. Perlu diingat pula bahwa, bagi ibu menyusui, usahakan untuk menghindari makanan-makanan yang sanggup memicu timbulnya gas menyerupai kembang kol, kubis, bawang, brokoli, atau kacang. Betapapun, makanan-makanan yang dikonsumsi ibu, sarinya akan mengalir melalui ASI dan menyebabkan problem perut kembung pada bayi semakin parah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

8 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Tradisional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email