Minggu, 10 Februari 2013

7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Sama menyerupai orang dewasa, ketika pilek, bayi juga akan mengalami persoalan hidung tersumbat. Hidung tersumbat sendiri merupakan persoalan yang sering menciptakan banyak ibu mengalami kekhawatiran. Jika bayinya terlihat kesulitan bernafas, rewel, dan susah tidur alasannya yaitu hidung tersumbat, para ibu umumnya akan melaksanakan aneka macam cara untuk membantu mengatasi persoalan bayinya. Nah, kalau Anda mengalami hal serupa, berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang sanggup menjadi pilihan menyerupai yang disampaikan oleh dr. Bonar Situmorang dari RSUD Abdoel Moeloek, Lampung.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Ada beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Namun secara umum, cara tersebut terbagi menjadi 2 jenis yaitu cara tradisional dan cara medis.

 bayi juga akan mengalami persoalan hidung tersumbat 7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi secara Tradisional

Untuk mengatasi persoalan hidung tersumbat pada bayi, Anda sesungguhnya lebih dianjurkan untuk memakai cara-cara yang mempunyai risiko rendah. Cara-cara tradisional misalnya, sanggup menjadi alternatif terutama bagi Anda yang tidak mempunyai pengalaman di bidang medis.

Adapun mengatasi hidung tersumbat pada bayi memakai cara tradisional sanggup dilakukan dengan beberapa teknik, antara lain penguapan secara alami, menghangatkan tubuh bayi, memijat hidung bayi, mengatur posisi tidur, dan memakai larutan garam.

1. Penguapan (Inhalasi)

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi melalui metode tradisional satu ini memang sudah dikenal cukup ampuh. Selain ampuh, cara yang dalam bahasa medis dikenal dengan istilah inhalasi ini juga cukup gampang diterapkan.

Cara ini dilakukan dengan mengisikan air hangat (40-50 derajat Celcius) ke baskom, kemudian menambahkan beberapa tetes minyak telon ke dalamnya, dan terakhir memposisikan bayi supaya sanggup menghirup uap air yang beraroma telon tersebut selama 2 menit. Perlu diketahui bahwa cara ini memang sudah terbukti efektif untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat.

 bayi juga akan mengalami persoalan hidung tersumbat 7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

2. Hangatkan tubuh bayi

Untuk melegakan pernafasannya, usahakan supaya bayi yang mengalami persoalan hidung tersumbat selalu diliputi rasa hangat. Hal-hal yang sanggup dilakukan contohnya dengan memandikannya memakai air hangat, menjemurnya di bawah sinar matahari pagi sehabis mandi, serta menghindarkannya dari ruangan ber-AC. Anda juga sanggup mengoleskan beberapa tetes minyak telon di sekitar area dada, punggung, perut, atau leher bayi supaya sumbatan di hidungnya segera encer dan terbuang.
Kenapa Bayi Sering Kentut? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya
Kenapa Bayi Sering Gumoh, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

3. Pijat hidung bayi anda

Jika bayi rewel alasannya yaitu terlihat mulai kesulitan bernafas, pijatlah hidungnya dengan lembut, terutama pada area sekitar perbatasan alis dan tulang hidung. Jika diperlukan, tambahkan beberapa tetes minyak telon supaya sumbatan di hidungnya lebih cepat mencair, namun pastikan jumlah minyak telon yang dipakai jangan terlalu banyak supaya tidak mengenai kepingan mata si bayi. Lakukan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang satu ini dengan hati-hati dan lihatlah reaksi ajaibnya.

4. Larutan Garam

Sudah semenjak dulu, nenek moyang kita mengambarkan khasiat mujarab air garam dalam meredakan persoalan hidung tersumbat pada bayi. Ya, air garam memang bisa mengencerkan ingus kental yang menyumbat lubang hidung. Untuk melaksanakan teknik satu ini, larutkanlah ½ sdm garam halus dalam ½ gelas air hangat kuku. Aduk garam hingga larut, kemudian gunakan pipet untuk memasukan 2 tetes air garam tersebut ke lubang hidung bayi yang tersumbat.

 bayi juga akan mengalami persoalan hidung tersumbat 7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

5. Atur posisi tidur pada bayi

Mengatur posisi tidur juga merupakan kepingan penting yang tak bisa dilewatkan untuk membantu melegakan pernafasan bayi. Jika Anda tidak ingin terganggu alasannya yaitu tangisan bayi di waktu malam akhir hidung tersumbatnya, pastikanlah untuk memiringkan tubuh bayi Anda ketika awal ia mulai mengantuk. Jika lubang hidungnya yang tersumbat yaitu lubang hidung kiri, maka miringkanlah ia ke posisi kanan. Begitupun sebaliknya.

Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi secara Medis

Selain dengan 5 cara di atas, hidung tersumbat pada bayi juga sanggup diatasi dengan santunan bola karet suntik (gambar paling atas). Bola ini merupakan sebuah perangkat hisap yang sanggup dipakai untuk menyedot ingus kental penyumbat lubang hidung bayi Anda. Anda bisa memperoleh bola ini di apotek terdekat. Cara penggunaannya biasanya tertera di dalam kemasan atau Anda bisa tanyakan pribadi ke apotekernya.

Bola karet suntik telah mempunyai desain dan cara kerja yang kondusif sehingga jangan ragu untuk menggunakannya. Namun kalau tidak yakin bisa melakukannya, mintalah tenaga medis melakukannya untuk Anda.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi menyerupai yang dipaparkan oleh dr. Bonar Situmorang dari RSUD Abdoel Moeloek, Lampung. Jika sehabis menerapkan cara di atas, sumbatan di hidung bayi Anda tak juga sembuh, jangan tunda waktu untuk segera berkonsultasi pada tenaga medis setempat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email