Senin, 11 Februari 2013

7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]

Biang keringat merupakan salah satu duduk masalah yang kerap dialami oleh bayi baik yang berusia 0 bulan (baru lahir), 3 bulan, hingga usia 1 tahun. Masalah ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah di kulit dada, wajah, kepala, atau leher disertai dengan rasa gatal dan panas yang tak tertahankan. Biang keringat memang bukan merupakan duduk masalah yang sanggup mengakibatkan risiko fatal, namun jikalau ia dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, bayi Anda tentu akan terus rewel sepanjang hari lantaran gatal yang ditimbulkan oleh si biang keringat. Untuk mengatasi duduk masalah tersebut, ibu sanggup mencoba menerapkan beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang kami paparkan berikut ini.

Biang keringat merupakan salah satu duduk masalah yang kerap dialami oleh bayi baik yang berusia 7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Untuk mengatasi biang keringat pada bayi, ada 2 cara yang gotong royong sanggup dipilih, yaitu cara alami memakai bahan-bahan tradisional dan cara pengobatan kimia. Menyadari bahwa kulit bayi yang masih sangat rentan terhadap dampak luar, di kesempatan kali ini kami lebih menyarankan Anda untuk memakai cara-cara alami saja yang relatif lebih kondusif tanpa imbas samping. Adapun beberapa cara alami tersebut antara lain:

1. Menggunakan Tepung Kanji

Teknik penggunaan tepung kanji dalam mengatasi biang keringat pada bayi sudah diterapkan semenjak dulu oleh nenek moyang kita. Seperti diketahui bahwa tepung kanji memang bersifat dingin. Bahan ini bila dibalurkan pada kulit bayi yang mempunyai biang keringat akan sangat membantu dalam meminimalkan rasa panas dan gatal. Sebelum memakai cara ini, bayi disarankan untuk dimandikan terlebih dahulu, dikeringkan tubuhnya, gres kemudian dibaluri tepung kanji yang diberi sedikit air. Usahakan supaya dikala membalurkan, bayi tidak sedang berkeringat dan dalam kondisi segar.

2. Menggunakan Daun Tembelekan

Biang keringat merupakan salah satu duduk masalah yang kerap dialami oleh bayi baik yang berusia 7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]
Kenalkah Anda dengan tanaman tembelekan? Ya, tanaman berjulukan latin Lantana Camara Linn yang wujudnya ditampilkan pada gambar di atas yaitu salah satu materi herbal yang juga sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi Anda. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus segenggam daun tembelekan dalam 3 gelas air selama 15 menit. Biarkan hingga hangat dan basuhkan pada kulit bayi yang ditumbuhi biang keringat. Penggunaan daun tembelekan dalam meredakan biang keringat bayi ini sudah pernah kami buktikan dan risikonya cukup memuaskan.

3. Menggunakan Daun Krokot

Daun krokot yaitu daun yang biasa dipakai orang Jawa sebagai lalapan. Daun dari tanaman berjulukan latin Portulaca Oleracea ini banyak ditemukan dan tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Sama menyerupai tembelekan, daun krokot juga sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Caranya yaitu dengan merebusnya dalam 3 gelas air, mendidihkan airnya hingga tersisa 1,5 gelas, kemudian meminumkannya pada bayi sesudah dingin. Perlu diketahui bahwa air rebusan daun krokot ini kondusif dikonsumsi oleh bayi, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Biang keringat merupakan salah satu duduk masalah yang kerap dialami oleh bayi baik yang berusia 7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]

4. Menggunakan Kacang Hijau

Mengatasi biang keringat pada bayi juga sanggup dilakukan melalui pengobatan dalam memakai kacang hijau. Caranya, tumbuklah 1 ons kacang hijau hingga halus, seduh dengan air panas, dinginkan sejenak, kemudian minumkan pada bayi Anda setiap 3 kali sehari.


5. Menggunakan Buah Timun

Mendinginkan kulit yang ditumbuhi biang keringat juga merupakan cara efektif untuk meredakan tangisan bayi yang disebabkan lantaran rasa gatal panas dan gatal lantaran biang keringat. Gunakanlah buah timun yang sudah dihaluskan untuk membaluri seluruh kulit bayi yang ada biang keringatnya dan biarkan selama 5 menit supaya airnya meresap, kemudian bersihkan.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Selain memakai timun, Anda juga sanggup memakai pengecap buaya sebagai materi pendingin biang keringat. Lidah buaya mempunyai sifat antiinflamasi sehingga sangat cocok untuk mengatasi biang keringat bayiyang meradang. Cara penggunaannya yaitu dengan membalurkan gel yang ada pada pecahan dalam daun merata ke pecahan kulit yang ditumbuhi biang keringat, biarkan 20 menit, kemudian mandikan bayi dengan air dingin. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari selama seminggu untuk hasil optimal.

7. Menggunakan Minyak Telon atau VCO

Mengatasi biang keringat pada bayi juga sanggup dilakukan dengan membalurkan minyak telon atau minyak VCO. Balurkan minyak tersebut ke kulit yang mengalami biang keringat setiap kali habis mandi hingga terdapat perubahan. Usahakan supaya jenis minyak yang dipakai yaitu minyak telon yang punya kandungan minyak kelapa tinggi (60%).

Cara Mencegah Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat sanggup terjadi pada bayi mana pun. Jika bayi Anda dikala ini belum terjangkit duduk masalah kulit ini, saya sarankan Anda untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang sanggup mencegah timbulnya biang keringat pada bayi Anda. Adapun tindakan-tindakan pencegahan tersebut antara lain:
  1. Menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat supaya keringat gampang keluar.
  2. Usahakan sirkulasi udara di kamar bayi sanggup tetap terjaga sehingga kelembaban udara dan suhu ruangan sesuai dengan kulit bayi.
  3. Pilihlah jenis pakaian yang gampang menyerap keringat untuk bayi Anda.
  4. Jagalah kebersihan kulit bayi dengan mandi teratur 2 kali sehari.

Nah, demikianlah beberapa cara alami mengatasi biang keringat pada bayi beserta tindakan pencegahannya. Silakan diterapkan supaya bayi Anda bebas dari duduk masalah biang keringat. Adapun jikalau mungkin kondisi biang keringat tak juga sembuh, segeralah untuk menghubungi dokter Anda supaya si bayi segera mendapat penanganan medis. Ingat jangan biarkan bayi terus rewel lantaran duduk masalah yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email