Jumat, 08 Februari 2013

6 Latihan Semoga Bayi Cepat Jalan [Cara Sederhana Tapi Ampuh]

Agar Bayi Cepat Jalan / Bayi memang akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam banyak sekali hal di tahun pertama hidupnya. Yang sebelumnya Anda mungkin hanya bisa melihatnya berbaring di daerah tidur, seiring pertumbuhannya, ia akan mulai berguru duduk, merangkak, berdiri, merambat, dan di usia 9 bulan alhasil ia sudah bisa melangkahkan kakinya untuk berjalan.

Agar Bayi Cepat Jalan

Perkembangan kemampuan masing-masing bayi memang berbeda-beda. Kendati begitu, pada umumnya, mereka sanggup memulai langkah pertamanya di usia 9 bulan. Jika bayi Anda telah mencapai usia tersebut namun ia masih belum berani berjalan sendiri, cobalah lakukan beberapa tips dan cara supaya bayi cepat jalan berikut ini supaya ia terstimulasi dan mempunyai keberanian lebih.

 Bayi memang akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam banyak sekali hal di tahun perta 6 Latihan Agar Bayi Cepat Jalan [Cara Sederhana Tapi Ampuh]

1. Latihan Berdiri Tegak

Bayi tak mungkin akan memulai langkah pertamanya kalau untuk berdiri saja ia masih terhuyun. Oleh alasannya yaitu itu, supaya bayi cepat jalan cobalah untuk melatihnya berdiri tegak. Untuk itu, berdirikan ia, lepaskan pegangan Anda, dan biarkan ia selama 30 detik. Bila bayi Anda terjatuh, biarkan ia dan terus motivasi dengan kata-kata penyemangat supaya ia bangun sendiri dan berdiri kembali.

2. Latihan Merambat

Agar bayi cepat berjalan, jangan lupa pula untuk melatihnya berjalan merambat sesudah ia telah bisa berdiri tegak. Tempatkan bayi Anda dalam box tidurnya, bimbing ia supaya berdiri dan merambat dengan berpegangan pada dinding box. Untuk memastikan keamanannya, usahakan untuk selalu menemani mereka ketika berlatih merambat di dalam boxnya.


3. Latihan Berjalan dengan Pegangan

Setelah bayi fasih merambat, selanjutnya latihlah ia berjalan dengan dukungan pegangan tangan Anda. Latih ia melangkahkan kaki sambil kedua tangannya dipegangi. Bila telah memungkinkan, lepaskan pegangan tangan Anda yang satu dan biarkan ia terus melangkah dengan hanya memegang satu tangan saja.

Latihan ini sebaiknya dilakukan pagi hari ketika rumput masih berembun. Melatihnya berjalan di atas rumput berair akan menciptakan syaraf dan otot kakinya terbiasa dan peka terhadap pijakan.

 Bayi memang akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam banyak sekali hal di tahun perta 6 Latihan Agar Bayi Cepat Jalan [Cara Sederhana Tapi Ampuh]

4. Latihan Berjalan dengan Baby Walker

Tips latihan supaya bayi cepat jalan selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberinya baby walker. Baby walker yaitu alat berupa kereta dorong atau semacamnya yang sanggup menstimulasi keberanian dan langkah bayi untuk mulai berguru berjalan sendiri. Alat ini mempunyai bermacam-macam jenis dan sanggup dibeli dengan harga yang variatif pula tentunya.
Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi secara Tradisional
7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi
7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]
Penyebab Bayi Sering BAB dan Cara Mengatasinya
Anda juga bisa menciptakan baby walker sendiri di rumah memakai bambu atau kayu yang dirancang sedemikian rupa sehingga bentuknya mirip gambar di bawah ini. Meskipun terbilang tingkat keamanannya rendah, namun orang renta zaman dulu terbiasa memakai alat ini untuk menstimulasi bayinya supaya cepat berjalan.

 Bayi memang akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam banyak sekali hal di tahun perta 6 Latihan Agar Bayi Cepat Jalan [Cara Sederhana Tapi Ampuh]

5. Stimulasi dengan Mainan dan Makanan

Agar bayi cepat berjalan, Anda juga sanggup menstimulasi kemampuannya dengan mainan, makanan, atau sesuatu yang disukainya. Ulurkan tangan Anda mirip hendak menunjukkan benda tersebut sehingga ia mau berdiri, kemudian mundurlah satu langkah, supaya bayi yang sudah berdiri mau melangkahkan kakinya.

Berlutut di depan bayi Anda yang berdiri dan ulurkan tangan Anda mirip gerakan menggendong juga bisa menjadi pilihan stimulasi yang sanggup Anda lakukan.

6. Pijat Kaki Bayi

Ada kalanya, bayi yang telah berusia 1,5 tahun belum bisa melangkah dan berjalan. Jika ini terjadi pada bayi Anda, cobalah untuk sering memijat kakinya supaya anutan darahnya lancar dan otot-ototnya tidak kaku. Teknik pijatan bisa dilakukan secara sederhana dengan mengusapnya kakinya ke bawah terus menerus secara berulang-ulang memakai minyak goreng atau minyak zaitun.

Nah, demikianlah beberapa latihan supaya bayi cepat jalan yang bisa Anda lakukan. Jangan sering menggendongnya terutama ketika usianya telah mencapai 7 bulan. Biarkan ia secara alami melatih kemampuannya sendiri. Jika usia 2 tahun bayi Anda masih belum juga sanggup berjalan, segeralah hubungi tenaga kesehatan dan diskusikan masalahnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

6 Latihan Semoga Bayi Cepat Jalan [Cara Sederhana Tapi Ampuh]
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email