Minggu, 10 Februari 2013

Mengatasi Sariawan Pada Bayi? Ini 5 Cara Tradisional Yang Paling Ampuh!

Sariawan (stomatitis aphtosa) merupakan salah satu problem kesehatan yang ditandai dengan adanya permukaan cekung putih kekuning-kuningan dan menjadikan rasa perih di rongga mulut. Sariawan sanggup menyerang siapa saja, termasuk pada bayi Anda. Terlebih pada bayi, sariawan sanggup mengakibatkan problem baru. Karena terjangkit sariawan, bayi Anda mungkin saja akan menolak ketika diberi makan atau disusui. Untuk itu, sebagai ibu Anda harus ekstra teliti. Perhatikan rongga verbal bayi Anda jikalau dia sudah mulai menolak ketika akan disusui. Jika terdapat gejala di atas, lakukan segera penanganan untuk mengatasi sariawan pada bayi Anda biar problem tidak menjadi berlarut-larut.

Mengatasi Sariawan pada Bayi

Penanganan sariawan pada bayi tidak sanggup dilakukan secara sembarangan ibarat halnya pada orang dewasa. Anda dihentikan memberinya obat secara asal-asalan tanpa resep dokter, terlebih jikalau usia si bayi masih < 1 tahun. Sebelum melaksanakan tindakan pengobatan, sebaiknya Anda juga meneliti terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya sariawan pada bayi Anda.

 merupakan salah satu problem kesehatan yang ditandai dengan adanya permukaan cekung putih Mengatasi Sariawan Pada Bayi? Ini 5 Cara Tradisional yang Paling Ampuh!

Penyebab Sariawan pada Bayi

Secara umum, sariawan pada bayi biasanya disebabkan oleh abses jamur Candida albicans. Jamur ini seringkali terdapat di puting susu ibu yang selalu lembab. Ia masuk ke rongga verbal bayi ketika proses menyusui dan menginfeksi lidah, bibir, atau pipi pecahan dalam. Selain itu, sariawan pada bayi juga sanggup disebabkan oleh rendahnya kekebalan badan bayi, panas dalam, atau lantaran kurangnya asupan vitamin C yang diperoleh dari ASI ibunya.

Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi

Setelah mengetahui penyebabnya, barulah Anda sanggup menentukan teknik pengobatan sariawan yang paling efektif untuk bayi Anda. Berikut ini yakni beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi yang berhasil kami rangkum dari banyak sekali sumber. Anda sanggup menentukan salah satu cara yang berdasarkan Anda paling sempurna sesuai dengan penyebabnya.


1. Memperhatikan Konsumsi Ibu Menyusui

Jika sariawan pada bayi disebabkan oleh kurangnya asupan masakan yang kaya Vitamin C, maka sebagai ibu menyusui, mulailah untuk mengkonsumsi buah dan sayuran kini juga. Jika perlu, konsumsi pula minuman prebiotik ibarat yogurt atau pemanis khusus dengan resep dokter.

 merupakan salah satu problem kesehatan yang ditandai dengan adanya permukaan cekung putih Mengatasi Sariawan Pada Bayi? Ini 5 Cara Tradisional yang Paling Ampuh!
Semua kandungan gizi terdapat dalam masakan yang dikonsumsi ibu menyusui ini secara tidak pribadi akan mengalir pula melalui ASI. Jika ASI yang kaya kandungan gizi ini dikonsumsi bayi, lambat laun badan bayi pun akan semakin besar lengan berkuasa melawan abses jamur Candida si penyebab sariawan, sehingga sariawan si bayi pun sanggup berangsur sembuh.

2. Gunakan Minyak Kelapa

Untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda juga sanggup memanfaatkan keampuhan minyak kelapa dalam mencegah pertumbuhan jamur Candida. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada puting susu Anda beberapa ketika sebelum menyusui. Jika cukup sulit menemukan minyak kelapa, Anda sanggup menggantinya dengan cuka apel, lantaran cuka apel juga bersifat antifungi.

3. Sinar Matahari Pagi

Jamur Candida si penyebab sariawan sangat rentan mati oleh sinar matahari pagi. Oleh lantaran itu, Anda juga sanggup memanfaatkannya untuk mengatasi sariawan pada bayi Anda. Caranya, jemurlah bayi Anda beberapa menit di bawah matahari pagi. Biarkan rongga mulutnya terbuka biar sinar matahari pagi sanggup masuk dan memapar sariawannya. Perlu diketahui bahwa selain sanggup berkhasiat untuk mengatasi sariawan, menjemur bayi di pagi hari juga baik untuk membantu kesehatan dan pertumbuhan tulang dan kulit bayi.

4. Pisang dan Madu

 merupakan salah satu problem kesehatan yang ditandai dengan adanya permukaan cekung putih Mengatasi Sariawan Pada Bayi? Ini 5 Cara Tradisional yang Paling Ampuh!
Untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda juga sanggup memakai ramuan tradisional yang ampuh dan tentunya kondusif lantaran terbuat dari materi alami. Ramuan tersebut dibentuk dari pisang ambon dan madu. Cara membuatnya yaitu dengan melumatkan pisang matang dan mencampurkannya dengan madu sehingga bertekstur ibarat pasta. Oleskan pasta tersebut sempurna di sekitar pecahan yang terjangkit sariawan. Ulangi sumbangan pasta ini 2 kali sehari sampai sariawan si bayi mulai mengering.

5. Air Kelapa

Jika sariawan terjadi pada bayi yang usianya di atas 6 bulan, Anda juga sanggup mencoba memanfaatkan khasiat air kelapa. Air kelapa sudah dikenal sebagai obat mujarab untuk panas dalam dan sariawan. Minumkan beberapa sendok air kelapa untuk membantu mengatasi sariawan pada bayi Anda.

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi yang sanggup Anda terapkan. Cara-cara di atas kondusif dan sama sekali tidak menjadikan imbas samping. Oleh lantaran itu, jangan ragu untuk menerapkannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengatasi Sariawan Pada Bayi? Ini 5 Cara Tradisional Yang Paling Ampuh!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email