Kamis, 24 Januari 2013

Pruritic Urticarial Papules And Plaques Of Pregnancy (Puppps) Dalam Kehamilan

Ruam sanggup didefinisikan sebagai salah satu reaksi dari terjadinya peradangan (inflamasi) di kulit Anda. Peradangan ini mengakibatkan terjadinya perubahan tampilan warna, tekstur, pembengkakan, dan rasa gatal yang luar biasa di kulit para penderitanya. Ada banyak faktor yang sanggup mengakibatkan terjadinya ruam, mulai dari gigitan serangga, alergi, infeksi, obat-obatan, serta gangguan dari jaringan ikat di kulit. Namun, dari banyaknya jenis ruam, pada ibu hamil ada satu ruam yang paling umum terjadi dan harus mendapat perhatian lebih. Ruam tersebut ialah Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy atau sering di singkat PUPPP. Mengapa ruam jenis ruam satu ini perlu mendapat perhatian lebih? Bagaimana bila ruam PUPP terjadi selama kehamilan Anda? Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Simak info lengkap mengenai hal tersebut di artikel ini.

Ruam sanggup didefinisikan sebagai salah satu reaksi dari terjadinya peradangan  Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPPs) dalam Kehamilan

Ruam PUPPPs pada

Ruam PUPPP pada ibu hamil umum terjadi pada sekitar usia kehamilan 35 minggu. Sebagian besar mereka yang terjangkit ialah para perempuan yang gres pertama kali mengalami kehamilan. Sama menyerupai ruam jenis lainnya, PUPPP juga menjadikan rasa gatal yang tak tertahankan. Menurut statistik, PUPPPs terjadi di pada 1 dari setiap 200 kehamilan pertama para wanita.

Menurut sebagian besar perempuan yang pernah mengalaminya, gatal sebab ruam PUPPPs menciptakan mereka merasa sangat tidak nyaman. Ruam PUPPPs muncul dalam bentuk papula bergelombang disertai rasa gatal yang secara perlahan merubah kulit mereka menjadi merah persis menyerupai warna kulit yang tersiram air panas.

Hingga kini, penyebab ruam PUPPP masih belum sanggup diketahui. Kendati demikan, mereka yang mengalami persoalan ini biasanya ialah mereka yang gres hamil pertama kali, hamil anak laki-laki, hamil kembar, serta mereka yang hamil dengan persoalan hipertensi. Nah, meskipun bergotong-royong PUPPPs sanggup sembuh dan hilang dengan sendirinya sesudah satu atau dua ahad melahirkan, bila Anda mengalaminya, segeralah hubungi dokter kehamilan setempat untuk mendapat penanganan sesegera mungkin supaya kehamilan Anda tidak terganggu sebab rasa gatal.

Dokter umumnya akan segera menunjukkan salep dan pelembab topikal bila ruam yang Anda derita masih tergolong ringan, dan akan menunjukkan salep kortikosteroid untuk kondisi PUPPP yang sangat serius. Untuk menghilangkan rasa gatal, tablet antihistamin biasanya diresepkan olehnya untuk kedua kondisi tingkat ruam tersebut.

Selain dengan obat dokter, Anda juga sanggup mengatasi PUPPPs dengan pengobatan memakai bahan-bahan alami atau melaksanakan tips-tips berikut ini:
  1. Menggunakan lulur oatmeal sebagai lulur untuk mandi air hangat.
  2. Menggunakan lotion atau pelembab sehabis mandi
  3. Menghindari terik matahari
  4. Mengenakan baju ibu hamil berbahan katu yang longgar dan halus
  5. Hindari mandi air hangat
  6. Gunakan kompres es kerikil ketika gatal menyerang
  7. Gunakan bedak Caladine untuk meminimalkan rasa gatal [Pengalaman seorang teman, cara ini terbukti sangat ampuh].

Nah, itulah isu seputar ruam PUPPPs pada ibu hamil. Semoga isu ini sanggup bermanfaat bagi Anda, dan Anda sanggup mengambil penanganan dini terhadap persoalan kulit satu ini.

Artikel Terkait

Pruritic Urticarial Papules And Plaques Of Pregnancy (Puppps) Dalam Kehamilan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email