Sabtu, 06 April 2013

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (Bab) Selama Hamil

Susah buang air besar atau konstipasi yaitu salah satu keluhan yang biasa muncul selama hamil. Masalah susah buang air besar terjadi lantaran adanya peningkatan hormon progesteron yang menjadikan relaksasi otot sehingga kerja usus menjadi kurang efisien. Pada trimester tiga kehamilan, susah buang air besar juga disebabkan pementingan rahim yang membesar di tempat perut. Selain itu, bila ibu hamil kurang beraktivitas, maka kerja usus dalam mencerna kuliner akan menjadi turun dan hal ini sanggup menjadikan kotoran dalam sistem pencernaan menjadi sulit dibuang.

Susah buang air besar atau konstipasi yaitu salah satu keluhan yang biasa muncul selama h Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) selama Hamil

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar selama Hamil

Untuk mengatasi persoalan susah buang air besar selama hamil, Anda sanggup melaksanakan beberapa hal antara lain memperbanyak minum, memperbanyak makan kuliner berserat, rutin berolahraga, dan berkonsultasi dengan dokter Anda.

1. Memperbanyak minum air putih

Untuk mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar selama hamil, Anda sebaiknya memperbanyak minum air putih. Dengan minimal minum 8 gelas atau 2 liter air putih perhari, sembelit tidak akan gampang menyerang Anda. Bila bosan, air putih juga sanggup diganti dengan jus jeruk anggun dan yogurt.

2. Perbanyak makan kuliner berserat

Baik hamil atau tidak, buang air besar sanggup diredakan memakai makanan-makanan berserat. Serat yang ada dalam kuliner menyerupai sereal gandum, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan akan menciptakan tekstur kotoran Anda semakin halus dan memudahkan Anda ketika buang air besar.

3. Rutin berolahraga

Terlalu banyak berdiam diri akan menciptakan usus besar malas melaksanakan fungsinya dalam mencerna makanan. Hal ini menjadikan kotoran Anda menjadi garang dan keras sehingga ketika buang air besar, Anda perlu mengejan dengan kuat. Untuk mengoptimalkan kerja usus besar tersebut, Anda harus berolahraga secara rutin. Olahraga yang sanggup dilakukan contohnya sepeda statis, renang, atau senam kehamilan.

4. Konsultasi dengan dokter

Jika ketiga cara mengatasi susah buang air besar (BAB) di atas belum juga membuahkan hasil, kami menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Selain untuk mengobati persoalan buang air besar, konsultasi juga berfungsi untuk mengetahui kemungkinan adanya kelainan pada sistem pencernaan Anda.

Dengan mengikuti tips tersebut, supaya persoalan susah buang air besar dikala hamil sanggup teratasi, sehingga Anda sanggup menjalani masa-masa kehamilan dengan menyenangkan. Dan perlu diingat pula bahwa ketika susah buang air besar, jangan terlalu sering mengkonsumsi pil penambah darah lantaran hal ini sanggup memperparah sulit buang air besar yang Anda alami. Anda pun disarankan untuk tidak meminum obat pencahar lantaran hal ini cukup beresiko pada janin yang Anda kandung.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (Bab) Selama Hamil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email