Selasa, 05 Maret 2013

9 Hal Yang Dihentikan Dilakukan Ketika Hamil

Kehamilan yakni anugerah yang harus dijaga, diperhatikan, dan dipelihara dengan seksama. Mengkonsumsi masakan yang bergizi dan sehat, minum susu kehamilan, kontrol ke dokter, dan olahraga rutin yakni beberapa upaya yang biasanya dianjurkan para ibu hamil untuk kehamilan yang tetap sehat sampai menjelang persalinan. Namun, selain anjuran-anjuran tersebut, para ibu hamil juga wajib menghindari beberapa pantangan dan larangan yang sanggup mengakibatkan problem pada kehamilan mereka. Pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika hamil tersebut ada banyak jenisnya, mulai dari pantangan yang sifatnya mitos (adat) sampai pantangan-pantangan dari sisi medis.

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Hamil

Dari sisi medis, sedikitnya kami telah merangkum 9 pantangan wajib yang tidak boleh dilakukan ketika hamil, di usia kehamilan berapapun. Pantangan-pantangan ini sifatnya urgen, dan jikalau tidak boleh sanggup saja berakibat fatal baik pada ibu yang hamil maupun pada janin atau bayi yang dikandungnya. Berikut ini yakni kesepuluh pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika hamil tersebut!

 Mengkonsumsi masakan yang bergizi dan sehat 9 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Hamil

1. Bekerja Berat

Pantangan yang pertama yakni bekerja berat. Saat hamil, seseorang memang tidak boleh untuk melaksanakan acara yang terlampau padat dan membutuhkan kerja otot yang besar, ibarat mengangkat barang, bangun terlalu lama, atau kegiatan-kegiatan lain yang sanggup menekan perut dan rahim mereka. Kegiatan-kegiatan berat tersebut tidak boleh lantaran dapat  berisiko menimbulkan benturan dan sangat berbahaya bagi perkembangan janin.

Bagi perempuan karir, ketika hamil mereka juga dianjurkan untuk mengambil cuti terutama pada usia kehamilan bau tanah atau trimester ketiga. Hal ini perlu dilakukan semoga badan tidak kelelahan dan siap menghadapi persalinan yang tinggal sebentar lagi.

2. Konsumsi Makanan Berisiko

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika hamil selanjutnya yakni konsumsi makanan-makanan yang berisiko. Ya, beberapa masakan yang sebelumnya kondusif dikonsumsi, sanggup saja menimbulkan problem jikalau ia dimakan ketika Anda dalam keadaan hamil. Masalah umumnya tidak eksklusif Anda derita, melainkan bayi Anda-lah yang mungkin akan menerimanya.

Ada banyak masakan yang tidak boleh untuk dikonsumsi ketika hamil. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis masakan tersebut, kami sudah menciptakan daftarnya dengan sangat lengkap di sini.

3. Konsumsi Obat Sembarangan

Ibu hamil juga sangat tidak boleh mengkonsumsi obat secara sembarangan, tanpa resep dan pengawasan dokter. Beberapa obat-obatan warung atau obat yang dibeli di apotek tanpa resep bila dikonsumsi ketika hamil sanggup mengakibatkan problem pada perkembangan janin. Anda harus perhatikan betul hal ini, lantaran sudah banyak kasus keguguran pada ibu hamil yang disebabkan lantaran konsumsi obat secara sembarangan. Oleh lantaran itu, bila Anda sakit, berusahalah untuk memeriksakannya ke dokter sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang aman.


4. Perjalanan Jauh dan Berkendara

Yang tidak boleh dilakukan ketika hamil selanjutnya yakni melaksanakan perjalanan jauh dan berkendara sendirian. Untuk perjalanan jauh, Anda bergotong-royong masih dimungkinkan asalkan memakai moda transportasi yang aman, sedangkan untuk berkendara sendirian Anda sebaiknya benar-benar tidak melakukannya jikalau jalan yang Anda lalui yakni jalan yang rusak dan bergelombang. Untuk pemaparan lebih terperinci mengenai problem ini, Anda sanggup mengunjungi link ini.

5. Kosmetika dan Perawatan Rambut

Beberapa kosmetik contohnya krim pemutih, maskara, lipstik, dan pewarna kuku diketahui mengandung senyawa-senyawa yang sangat sensitif bagi janin dan kehamilan, begitupun dengan bahan-bahan yang dipakai untuk perawatan rambut di salon. Oleh lantaran itu, selama hamil kosmetik-kosmetik tersebut dianjurkan untuk dipakai apapun alasannya. Pemaparan mengenai kosmetik selama hamil sanggup Anda temui pada artikel ini.

 Mengkonsumsi masakan yang bergizi dan sehat 9 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Hamil

6. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Menggunakan sepatu hak tinggi juga termasuk hal yang tidak boleh dilakukan ketika hamil lantaran sanggup mempengaruhi penitikberatan pada perut, mengakibatkan kram kaki, serta memperparah tekanan pada otot punggung. Jika dipaksakan, penggunaan sepatu hak tinggi juga sanggup berisiko mengakibatkan terpeleset, benturan, dan keguguran.

7. Menggunakan Racun Nyamuk

Untuk menghindari gigitan nyamuk, terutama ketika demam isu pancaroba, para ibu hamil dianjurkan selalu tidur dalam kelambu dan menghindari penggunaan obat nyamuk jenis apapun. Obat nyamuk mempunyai kandungan materi aktif yang memang tidak membahayakan bagi orang dewasa, namun bagi janin senyawa-senyawa ini sanggup menimbulkan banyak masalah.

8. Pola Hidup Tidak Sehat

Menerapkan teladan hidup sehat yakni kewajiban bagi setiap ibu hamil jikalau ingin bayinya tumbuh dengan sehat dan selamat. Pola hidup sehat sanggup dilakukan mulai dari makan masakan yang higienis, tidak merokok, tidur sempurna waktu, makan sempurna waktu, rutin mandi, olahraga, tidak merokok, dan minum minuman keras.

9. Diet selama Kehamilan

Diet juga termasuk hal yang tidak boleh dilakukan ketika hamil, lantaran sanggup membahayakan ibu hamil dan janinnya. Diet selama hamil  akan mengakibatkan kekurangan vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Lagi pula diet selama hamil juga tidak akan memperlihatkan dampak faktual bagi Anda. Anda akan tetap terus gendut seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Nah, itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika hamil ditinjau dari sisi medis. Kesembilan hal tersebut bergotong-royong merupakan pokok dari pantangan kehamilan yang harus dipatuhi oleh setiap ibu hamil di dunia. Oleh lantaran itu, jikalau ingin kehamilan Anda bebas dari masalah, jauhilah pantangan-pantangan tersebut.

Artikel Terkait

9 Hal Yang Dihentikan Dilakukan Ketika Hamil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email