Selasa, 04 Juni 2013

Nangka Untuk Sebabkan Keguguran, Benarkah?

Akhir-akhir ini, mitos yang menyebut bila janin keguguran, beredar semakin luas di masyarakat. Adanya mitos tersebut tentu menciptakan para ibu hamil menjadi takut untuk makan buah yang berkerabat bersahabat dengan cempedak ini, bahkan ketakutan yang timbul tak jarang menciptakan mereka menghindari semua produk olahan nangka, termasuk keripik nangka, sayur nangka muda, dan permen rasa nangka.

Ketakutan yang hiperbola tentu tidaklah baik. Oleh karenanya, mitos seputar konsumsi nangka untuk ibu hamil tersebut harus diuji secara klinis, semoga tidak menjadikan kesalahan yang berlarut-larut. Nah, berikut ini paparan saya terkait mitos ancaman nangka untuk ibu hamil yang bersumber dari beberapa sumber pustaka dan pengalaman saya sebagai seorang dokter seorang andal kandungan.

Nangka untuk

 Adanya mitos tersebut tentu menciptakan para ibu hamil menjadi takut untuk makan buah yang be Nangka untuk  Sebabkan Keguguran, Benarkah?

Untuk memilih benar atau tidaknya mitos yang menyebut nangka untuk ibu hamil berbahaya, pertama sekali yang harus dilakukan ialah melaksanakan pengujian dan identifikasi terhadap kandungan nangka. Ya, tanpa analisis kandungan ini, kesimpulan tentu tak sanggup diperoleh.

Berdasarkan studi pustaka yang saya lakukan, nangka rupanya tergolong buah yang mengandung banyak zat gizi bermanfaat bagi kehamilan. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, Tiamin, Asam Folat, , Riboflavin, Niasin, gula sederhana, dan beberapa mineral penting menyerupai kalsium, kalium, magnesium, zat bersi, zinc, mangan, selenium dan posfor. Nah, dari kandungannya itu, sanggup disimpulkan bahwa makan nangka untuk ibu hamil ialah sesuatu yang diperbolehkan, dan bahkan sanggup memperlihatkan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

1. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Manfaat terbesar yang sanggup diperoleh dari mengkonsumsi nangka ialah sebagai obat untuk mengatasi duduk masalah susah buang air besar yang sangat sering menerpa para ibu hamil akhir terjadinya perubahan hormonal dalam sistem pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi ialah kepingan terpenting dalam hal ini.

2. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium dalam buah nangka cukup tinggi. Ini tentu mempunyai kegunaan untuk membantu mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil yang memang tergolong cukup tinggi. Selain itu, mineral magnesium dan kaliumnya juga berperan dalam membantu peresapan zat kalsium oleh tubuh.

3. Sebagai Antioksidan Alami

Kandungan vitamin C yang terdapat di buah nangka ialah salah satu materi antioksidan yang sempurna untuk mengatasi duduk masalah kulit dan kelesuan. Ini juga berperan sebagai tameng kekebalan tubuh yang sanggup menghindarkan ibu hamil dari serangan aneka macam jenis penyakit.

4. Sumber Energi yang Baik

Nangka mengandung sukrosa dan fruktosa, gula yang gampang dicerna oleh tubuh. Oleh alasannya ialah itu, buah ini lalu dianggap kondusif dikonsumsi sebagai sumber energi bagi para penderita diabetes gestasional atau kelebihan berat tubuh (obesitas selama kehamilan).

Nah, itulah pembahasan terkait boleh tidaknya mengkonsumsi buah nangka bagi ibu hamil. Jadi, sebagai kesimpulan kami menganggap bila secara umum, buah nangka kondusif dan justru bermanfaat bagi kehamilan Anda. Kendati begitu, untuk mendapat kebaikan, berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter Anda tentu ialah tindakan yang sangat kami anjurkan.

Artikel Terkait

Nangka Untuk Sebabkan Keguguran, Benarkah?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email