Rabu, 05 Juni 2013

Bolehkah Makan Semangka? Ini Jawabannya!

Beredar mitos yang menyebut kalau makan semangka selama kehamilan sanggup menjadikan bayi lahir dengan berat tubuh berlebih menciptakan banyak ibu hamil menjadi riskan dan takut menjadikan buah ini sebagai buah pencuci ekspresi di meja makannya. Hal ini tentu beralasan. Betapapun, seorang ibu hamil pastilah menginginkan bayinya lahir dengan tepat dan bebas dari aral dan rintangan. Namun, mengusut pada latar belakang mitos ini, tentu kita bertanya, benarkah kalau makan semangka tergolong hal yang dihentikan selama kehamilan? Apa alasannya? Oleh alasannya ialah itulah, berikut ini tanggapan bahwasanya dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan semangka!

Bolehkah Makan Semangka

 sanggup menjadikan bayi lahir dengan berat tubuh berlebih menciptakan banyak ibu hamil menja Bolehkah  Makan Semangka? Ini Jawabannya!

Terkait dengan pertanyaan bolehkah ibu hamil makan semangka, dunia klinis rupanya menunjukkan tanggapan yang berbeda dari mitos yang berkembang selama ini. Ya, kalau mitos menyebut makan semangka selama kehamilan berbahaya, maka dunia medis justru menganjurkan konsumsi buah semangka selama kehamilan. Adapun beberapa pakar justru memasukan semangka ke dalam daftar buah yang baik untuk ibu hamil mengingat banyaknya manfaat yang sanggup diberikan buah ini bagi ibu hamil. Apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil tersebut?

1. Meringankan Heartburn

Heartburn atau rasa panas di sekitar dada dan perut memang sering terjadi pada ibu hamil, terutama pada mereka yang memang sudah mempunyai riwayat magh sebelumnya. Nah, persoalan ini sebetulnya sanggup diredakan dengan mengkonsumsi semangka. Semangka untuk ibu hamil dengan tanda-tanda heartburn sanggup mengurangi intensitas dalam panas di dalam perut dan dada secara instan.

2. Mengurangi Pembengkakan

Memasuki usia kehamilan trimester ke dua dan ketiga, banyak ibu hamil mengalami persoalan pembengkakan di sekitar anggota tubuhnya, terutama serpihan kaki, wajah, dan tangan. Pembengkakan atau dalam bahasa medis disebut dengan edema ini sejatinya terjadi alasannya ialah adanya penyumbatan pembuluh darah dan otot. Semangka dengan kandungan air yang tinggi, sanggup mengatasi penyumbatan tersebut.

3. Meredakan Morning Sickness

Mengkonsumsi semangka pada pagi hari sanggup menunjukkan sensasi kesejukan sekaligus menenangkan keadaan ibu hamil yang tengah mengalami morning sickness. Jika memang Anda sering lesu dipagi hari, minum segelas jus semangka mungkin ialah wangsit yang cukup baik.

4. Mencegah Dehidrasi

Semua ibu hamil disarankan minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi sanggup menimbulkan kontraksi dan menimbulkan kelahiran prematur. Semangka mengandung lebih dari 90% air dan memakannya merupakan cara yang manis untuk menghindari persoalan kekurangan cairan tubuh tersebut.

5. Mengurangi Kram Kaki

Selama kehamilan, tubuh perempuan akan banyak mengalami bermacam-macam perubahan. Berat ekstra di serpihan depan perut dan kondisi hormonal menimbulkan otot-otot dan tulang terasa sakit. Mengkonsumsi semangka akan membantu tubuh mengatasi persoalan tersebut. Buah ini cukup baik meringankan kram kaki ketika hamil dan pegal-pegal.

6. Mencegah Pigmentasi

Banyak ibu hamil menderita kulit berpigmen. Masalah menjengkelkan ini sanggup merenggut kebahagiaan dari kehamilan yang tengah dijalani. Semangka menjaga pergerakan usus halus dan akomodasi pencernaan makanan. Hal ini pada gilirannya akan mensugesti tekstur kulit untuk selamanya.

Bahaya Semangka untuk

Meski mempunyai bermacam-macam manfaat, semangka untuk ibu hamil juga tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu banyak. Bila memakan terlalu banyak, ibu mungkin akan mengalami beberapa persoalan menyerupai diabetes gestasional dan sakit lambung. Diabetes gestasional terjadi alasannya ialah kandungan kadar gula semangka cukup tinggi sedangkan sakit lambung sanggup terjadi kalau Anda memakan semangka yang sudah usang dibiarkan terkelupas di ruang terbuka. Semangka mengalami oksidasi, dan hal ini tak baik untuk sistem pencernaan Anda.

Nah, itulah isu wacana semangka untuk ibu hamil. Bolehkah ibu hamil makan semangka? Jawabannya tentu sangat boleh. Namun, terakhir kali, kami sarankan Anda untuk tetap mengkonsultasikan hal ini pada dokter Anda kalau Anda memang berencana memasukkan buah ini dalam sajian diet Anda. Dokter Anda tahu situasi terbaik Anda dan sanggup merekomendasikan hal yang tepat untuk manfaat maksimal. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bolehkah Makan Semangka? Ini Jawabannya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email