Sabtu, 09 Februari 2013

Umur Berapa Bayi Dapat Melihat Sempurna? Ini Tahapan Perkembangannya!

Beberapa hari lalu, ada seorang pembaca blog ini yang mengirim pesan melalui formulir kontak kepada saya. Dalam pesan tersebut, ia menanyakan perihal umur berapa bayi bisa melihat sempurna dan meminta aku untuk menjelaskan tahapan perkembangan mata bayi sesuai pertambahan umurnya. Pertanyaan semacam ini tolong-menolong sudah sangat sering aku terima, namun sepertinya gres kali ini saja aku sempat menjawab dan memposting pembahasannya. Sengaja aku posting tanggapan pertanyaan ini biar para pembaca lain yang mungkin mempunyai pertanyaan serupa sanggup pribadi menemukan pembahasannya tanpa harus kembali bertanya.

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat

Secara umum, indra penglihatan bayi terus mengalami perkembangan semenjak ia awal kali dilahirkan. Perkembangan ini terjadi secara lambat laun dan sedikit demi sedikit sampai penglihatan bayi berfungsi secara tepat di usia 1 tahun. Ya, kalau ada yang bertanya umur berapa bayi bisa melihat, maka tanggapan yang hampir niscaya ialah pada ketika usianya sudah 1 tahun.

 yang mengirim pesan melalui formulir kontak kepada aku Umur Berapa Bayi Bisa Melihat Sempurna? Ini Tahapan Perkembangannya!

1. Mengenali Cahaya, Bentuk, dan Gerakan (Bayi Baru Lahir)

Selama masa 1 tahun, penglihatan bayi mengalami perkembangan melalui tahapan-tahapan menakjubkan. Saat ia baru saja dilahirkan, matanya masih mungkin masih belum sanggup membuka, namun jangan khawatir selama beberapa hari matanya itu niscaya akan terbuka dengan sendirinya dan mulai mengeksplorasi penampakan di sekitarnya.

Pada ketika matanya mulai terbuka, penglihatan bayi biasanya hanya sekedar bisa mengenali cahaya, bentuk, dan gerakan dari objek yang dekat (< 30 cm), itu pun masih secara samar. Ia akan sering menoleh ke jendela dan mulai memahami wajah ibunya ketika sedang disusui.


2. Belajar Memfokuskan Penglihatan (Umur 1-3 Bulan)

Menginjak usia 1-3 bulan, penglihatan bayi yang tadinya masih kabur sudah mulai mencar ilmu fokus. Ia mulai sanggup membedakan warna hitam dan putih secara lebih terang serta warna-warna lain yang lebih sederhana. Anda bisa melatih fokus mata bayi Anda dengan cara menggantungkan mainan aneka warna di atas daerah tidurnya. Mainan ini juga sanggup dikombinasikan dengan bunyi-bunyian sederhana untuk merangsang motorik halusnya biar lebih cepat berkembang.

 yang mengirim pesan melalui formulir kontak kepada aku Umur Berapa Bayi Bisa Melihat Sempurna? Ini Tahapan Perkembangannya!

3. Bisa Melihat Lebih Jauh (Umur 4-5 Bulan)

Saat ia berusia 4 bulan, mata bayi sudah mulai sanggup melihat objek yang lebih jauh. Gerakan psikomotorik tangannya juga  sudah mulai berfungsi dengan baik, sehingga ia akan sering menggapai benda-benda yang di sekitarnya, menyerupai kalung, rambut Anda, atau mainan yang digantung di hadapannya.

Menginjak usia 5 bulan, mata bayi biasanya sudah bisa mengenali benda yang lebih kecil. Ia bahkan bisa mengingat detail wajah ibunya atau orang-orang yang ada di sekitarnya. Ia akan mengeluarkan bunyi tertentu kalau didekati oleh orang yang dekat dengannya, sedangkan ketika didekati orang asing, ia mungkin hanya akan diam.

4. Mampu Membedakan Warna (Umur 8-9 Bulan)

Saat berusia 8 bulan, kemampuan penglihatan bayi dalam membedakan warna sudah sangat berkembang. Ia juga sudah sanggup mengidentifikasi objek atau benda-benda yang letaknya cukup jauh. Bahkan, remah-remah biskuit yang tercecer di lantai juga sanggup dikenalinya. Mereka biasanya akan merangkak dan mengambil remah-remah biskuit ini dan memasukannya ke dalam mulut.

5. Penglihatannya Sudah Lebih Sempurna (Umur 1 Tahun)

Pada umur 1 tahunlah kemudian penglihatan bayi sudah berfungsi secara sempurna. Ia sudah sanggup mengenali objek yang jauh dan dekat. Penglihatannya ini sudah berfungsi nyaris menyerupai penglihatan orang dewasa. Matanya semakin lincah dalam mengeksplorasi bentuk benda-benda gres yang ada di sekitarnya.

Nah, demikianlah tanggapan dari pertanyaan umur berapa bayi bisa melihat. Setelah memahami tanggapan tersebut, sanggup kita ambil kesimpulan bahwa secara umum, tolong-menolong bayi sudah sanggup melihat pada umur 3 bulan, namun penglihatannya gres sanggup berfungsi normal pada umur 1 tahun. Semoga menginspirasi.

Artikel Terkait

Umur Berapa Bayi Dapat Melihat Sempurna? Ini Tahapan Perkembangannya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email