Jumat, 07 Juni 2013

7 Makanan Sumber Zat Besi Terbaik Untuk

Menyadari pentingnya zat besi untuk ibu hamil, banyak di antara kita kemudian berusaha mencukupi mineral satu ini semoga kehamilan bisa tetap sehat melalui konsumsi aneka macam jenis makanan. Meski begitu, rupanya persepsi dan isu yang salah seputar jenis masakan yang mengandung zat besi menciptakan kita salah dalam menentukan masakan yang benar. Makanan yang mengandung zat besi tinggi tapi menyebabkan risiko bila dikonsumsi ibu hamil menyerupai daging kambing, kadang kali masuk ke dalam daftar. Menyadari hal itu, berikut ini aku telah menciptakan list beberapa makanan sumber zat besi untuk ibu hamil sesuai dengan ilmu ginekologi yang aku miliki. Silakan disimak!

Makanan Sumber Zat Besi untuk

 banyak di antara kita kemudian berusaha mencukupi mineral satu ini semoga kehamilan bisa te 7 Makanan Sumber Zat Besi Terbaik untuk
Berdasarkan jenisnya, masakan sumber zat besi untuk ibu hamil terbagi menjadi 2 yaitu sumber nabati dan sumber hewani. Untuk sumber nabati, beberapa masakan yang bisa dijadikan alternatif antara lain sayur bayam, kacang hijau, tomat, dan kentang, sedangkan untuk sumber hewani antara lain kuning telur, tiram, daging ayam, dan madu. Berikut penjelasannya:

1. Sayur Bayam
Sayur bayam merupakan jenis masakan nabati yang mengandung zat besi paling tinggi. Dalam 100 gram sayur kesukaan Popeye ini, terdapat sekitar 6,43 mg zat besi. Selain itu, masakan ini juga mengandung kalsium dan potasium yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem skeleton janin.

2. Kacang Hijau
Dibandingkan dengan kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang jenis lainnya, kacang hijau merupakan masakan yang mengandung zat besi paling tinggi. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat sekitar 26,15 mg zat besi yang penting untuk pencegahan anemia.

3. Tomat
Meski dalam 100 gram tomat hanya terkandung sekitar 3,39 mg zat besi, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil ini sengaja aku masukan ke dalam daftar masakan yang mengandung zat besi alasannya yaitu bagi ibu hamil masakan ini bisa menunjukkan manfaat yang lebih banyak dibanding masakan lainnya. Tomat mengandung vitamin C tinggi sehingga bisa menjadi antioksidan dalam mengatasi lemahnya sistem imunitas.

4. Kentang
Kentang rebus dan kentang bakar sangat dianjurkan bagi ibu hamil alasannya yaitu selain bisa menjadi masakan pengganti nasi, ia juga bermanfaat alasannya yaitu kandungan zat besinya. Ya, dalam 100 gram kentang terdapat sekitar 2,7 mg ferrum, dan ini cukup untuk komplemen masakan sumber zat besi untuk ibu hamil lainnya.

5. Kuning Telur
Kuning telur mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Jika mengalami anemia, mengkonsumsi rebusan materi pangan ini secara rutin akan bisa menunjukkan banyak perubahann. Namun, yang perlu diperhatikan selama kehamilan, hindarilah konsumsi kuning telur mentah alasannya yaitu rentan mengandung bakteri listeria.

6. Tiram
Asalkan kita bisa menyediakan tiram yang bebas dari merkuri dan ditangkap dari perairan yang belum tercemar, binatang penghasil mutiara ini juga bisa menjadi sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil. Tiram bisa diolah menjadi sup, tumis, atau menjadi penganan jenis lainnya.

7. Daging Ayam
Daging ayam kampung mengandung zat besi yang tinggi. Dengan mengkonsumsi 100 gram materi pangan ini, Anda berarti sudah mencukupi 30% kebutuhan harian zat besi.

Nah, itulah beberapa masakan sumber zat besi untuk ibu hamil yang baik dan aman. Semoga isu ini bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda sekalian. Terimakasih.

Artikel Terkait

7 Makanan Sumber Zat Besi Terbaik Untuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email