Minggu, 05 Mei 2013

Varises Pada 9 Bulan

Varises merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada sekitar tubuh, dengan bab kaki ialah bab yang paling sering mengalaminya. Pada mereka yang biasa bekerja berat, varises umumnya sangat sering menyerang. Namun, bagi ibu hamil tanda-tanda ini juga sanggup terjadi alasannya ialah faktor kelelahan selama kehamilan trimester 3. Berikut ini akan kami dijelaskan isu seputar varises pada ibu hamil beserta tips-tips untuk mencegah dan mengobatinya.

Varises pada 9 Bulan

Pada ibu hamil, varises umumnya muncul di area kaki sekitar belakang lutut dan di area kewanitaan. Varises pada ibu hamil sanggup terjadi alasannya ialah imbas hormon progesteron. Selain itu, pertumbuhan janin yang terus membesar sampai usia 9 bulan yang memperlihatkan beban berat dan tekanan pada pembuluh darah di panggul juga menjadi faktor penting bagi munculnya varises pada ibu hamil.

Meski varises tidak mengganggu tumbuh kembang janin, ia tentu menciptakan kulit kaki menjadi tak indah lagi, selain itu jikalau ia timbul di area kewanitaan, persalinan normal juga akan menjadi lebih sulit dilalui. Untuk itu, tindakan-tindakan pencegahan dan pengobatan varises pada ibu hamil harus dilakukan semoga dampak varises tidak terus meluas. Berikut ini beberapa tips yang mungkin sanggup Anda coba!

Varises merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada sekitar badan Varises pada  9 Bulan

1. Konsumsi Makanan Sehat

Para hebat kedokteran dari Harvard University menemukan fakta bahwa buah berry ibarat blueberry, blackberry, dan cherry ternyata sanggup dipakai untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh varises. Jenis buah berry diketahui mengandung semacam pigmen yang sanggup memperkuat dinding pembuluh darah.

Mengkonsumsi vitamin E, selain sanggup mencegah stretchmark, juga sanggup bermanfaat untuk meminimalkan risiko varises pada ibu hamil. Sedangkan mitos orang bau tanah zaman dulu menyebut bahwa mengkonsumsi bawang putih ketika kehamilan trimester 3 juga terbukti berhasil dalam menghambat duduk perkara ini.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meminum kopi, teh, dan minuman bersoda sanggup menciptakan varises terasa lebih menyakitkan. Untuk itu, memperbanyak minum air putih ialah satu-satunya pilihan terbaik yang sanggup dilakukan untuk mencegah dan meringankan varises di badan Anda. Minumlah minimal sebanyak 8 gelas perhari untuk kaki yang bebas varises selama usia kehamilan 9 bulan.

3. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur selain akan sanggup meminimalkan penumpukan lemak, juga sanggup menjaga sirkulasi pembuluh darah Anda tetap baik selama kehamilan trimester 3. Untuk itu, melaksanakan olahraga ringan yang aman untuk kondisi perut Anda yang besar ibarat berenang, berjalan jalan ringan, senam hamil, atau yoga mungkin sanggup dilakukan di sela-sela istirahat Anda.

Varises merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada sekitar badan Varises pada  9 Bulan

4. Jangan Pakai Sepatu Hak Tinggi

Memasuki usia kehamilan trimester 2 atau ketika ukuran perut sudah tampak mulai membesar, ibu hamil memang tidak dianjurkan untuk memakai sepatu hak tinggi. Selain sanggup mengakibatkan pegal-pegal dan terjatuh, penggunaan sepatu dengan hak yang tingginya lebih dari 5 cm sanggup memicu timbulnya varises pada ibu hamil.

5. Jangan Pijat Varises

Memijat varises yang sudah muncul tidak akan menciptakan ia hilang. Justru keadaan akan semakin parah dan varises kian membesar. Untuk meminimalkan pembengkakan, merendam varises dengan air hambar yang dicampur cuka apel sanggup menjadi solusi yang baik.

Nah, itulah beberapa tips ihwal mencegah dan mengobati varises pada ibu hamil 9 bulan. Semoga dengan menjalankan tips ini, varises tak lagi muncul di badan Anda selepas persalinan.

Artikel Terkait

Varises Pada 9 Bulan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email