Kamis, 16 Mei 2013

Perkembangan Bayi 7 Bulan - Edisi Khusus

Waktu setengah tahun terlewati begitu saja. Tanpa disadari, bayi Anda sekarang genap menginjak usia 7 bulan. Anda sudah mengenalnya dengan sangat baik. Kapan harus memberinya susu, kapan harus menidurkannya, kapan harus mengajaknya bermain, juga sudah bersiklus dengan rapi. Namun apakah Anda menyadari perkembangan bayi Anda di usia ini? Seperti apa ya perkembangan bayi 7 bulan pada umumnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, simaklah uraian kami berikut ini!

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Waktu setengah tahun terlewati begitu saja Perkembangan Bayi 7 Bulan - EDISI KHUSUS

Perlu dipahami bahwa perkembangan bayi usia 7 bulan sangat bergantung pada asupan nutrisi dari air susu yang diberikan oleh ibunya. Bagi bayi yang memperoleh ASI dalam jumlah yang cukup, di usia ini bayi Anda harusnya sudah mempunyai berat tubuh sekitar 8,3 kg untuk bayi pria dan 7,7 kg untuk bayi perempuan.

Terlepas dari dilema berat tubuh tersebut, pertumbuhan tinggi tubuh juga dipengaruhi oleh asupan ASI dari ibunya, kendatipun faktor terbesar yang paling besar lengan berkuasa dalam hal ini yaitu faktor genetik. Namun, secara umum bayi usia 7 bulan menurut standar WHO pakemnya sudah mempunyai tinggi sekitar 69 cm untuk bayi pria dan 67 cm untuk bayi perempuan. Lebih lanjut terkait perkembangan bayi 7 bulan, berikut ini telah kami paparkan apa saja progres yang terjadi pada bayi Anda.
Perkembangan Deskripsi
Mulai tumbuh gigi Antara usia 5 hingga 7 bulan, Anda akan melihat tunas gigi seri muncul dari gusinya. Selama tumbuh tunas gigi ini, beliau akan banyak ngiler dari sebelumnya. Oleh alasannya yaitu itu, siapkan tisu atau kain lembut untuk mengelapnya.
Mengembangkan keterampilan motorik kasar Bayi usia 7 bulan biasanya sudah berguru untuk mulai merayap, berguling, merangkak, dan bergeser. Semua hal yang dilakukannya ini semata-mata yaitu alasannya yaitu bayi Anda ingin melatih keterampilan motorik kasarnya. Anda harus ekstra dalam mengawasi kegiatannya ini. Jangan hingga bayi Anda terjatuh ketika mengeksplorasi rumah Anda.
Memiliki lebih banyak kekuatan Bayi 7 bulan biasanya sudah cukup kuat untuk berdiri. Ia bisa menahan diri untuk tegak di atas kaki mereka meski hanya untuk sementara. Ini mengambarkan bahwa jaringan otot dan tulangnya sudah mulai berkembang dengan baik.
Belajar makan sendiri Mereka secara sedikit demi sedikit akan mulai menyebarkan kemampuan untuk minum memakai cangkir dan makan dengan sendok, dan menjadi lebih berdikari selama waktu makan.
Bayi berusia 7 bulan akan menjadi lebih erat dengan ibu atau pengasuh utamanya. Ia akan berguru untuk mempercayai orang-orang yang sanggup memenuhi kebutuhan mereka. Pada tahap ini, bayi Anda mulai menyebarkan komunikasi non-verbalnya. Ia berguru bagaimana memakai aneka macam ekspresi wajah, serta mulai memahami bagaimana perasaan Anda dari bunyi dan ekspresi wajah Anda. Ia juga sanggup berkomunikasi dengan menciptakan bunyi yang berbeda memakai suku kata ibarat “da”, “pa”, “na”, “ca”, “ma”, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal terkait dengan progres perkembangan bayi 7 bulan. Untuk memahami hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat bayi pada usia ini, simaklah video yang tersemat di atas paragraf ini!

Artikel Terkait

Perkembangan Bayi 7 Bulan - Edisi Khusus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email