Kamis, 11 April 2013

Makanan Pengganti Nasi Untuk

Ibu hamil yang mengidap persoalan kelebihan berat badan, umumnya akan mengalami kesulitan menjelang proses persalinan. Oleh sebab itu, dokter umumnya akan menganjurkan ibu yang mengalami persoalan ini untuk melaksanakan kegiatan diet kehamilan. Dalam kegiatan diet ini, ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi nasi putih dan menggantikannya dengan makanan-makanan pengganti nasi lainnya. Apa saja makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang kondusif dan tetap sanggup mensukseskan kegiatan diet kehamilan? Berikut ini kami telah menciptakan daftarnya.

Makanan Pengganti Nasi Untuk yang Aman

Nasi putih umumnya mempunyai indeks glikemik (Glikemik Index / GI) yang cukup tinggi, ialah sekitar 70-80. Hal ini menimbulkan nasi putih sanggup lebih cepat diserap menjadi gula darah dan menjadikan kegemukan. Oleh sebab itu, untuk menggantikan nasi dibutuhkan banyak sekali jenis penganan sumber karbohidrat yang mempunyai indeks glikemik yang rendah. Sumber karbohidrat pengganti nasi tersebut antara lain pasta, jagung, sukun, singkong, dan ubi jalar.


1. Pasta
Pasta merupakan masakan pengganti nasi yang cukup baik bagi ibu yang tengah menjalani kegiatan diet kehamilan. Pasta mempunyai indeks glikemiks yang rendah (sekitar 4,1) namun tetap sanggup mencukupi kebutuhan karbohidrat ibu hamil. Selain itu, ia juga mengandung dalam jumlah banyak asam folat sehingga sanggup membantu pembentukan sistem syaraf pada janin.

2. Jagung
Jagung mempunyai indeks glikemik sekitar 55, lebih rendah dari nasi. Oleh sebab itu, ia juga merupakan salah satu varian masakan pengganti nasi bagi ibu hamil. Jagung juga mengandung antioksidan, sumber vitamin B, mineral, dan serat sehingga cukup baik bagi kesehatan ibu hamil.

3. Sukun
Sukun mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan jantung. Indeks glikemiknya juga cukup rendah sehingga kondusif dikonsumsi orang yang mengalami persoalan obesitas dan diabetes. Tidak menyerupai nasi, sukun sanggup tetap menyediakan asupan karbohidrat bagi tubuh namun tidak berpotensi menimbulkan kenaikan berat badan.

4. Singkong
Singkong merupakan masakan pengganti nasi yang mempunyai jumlah serat paling banyak. Selain untuk mensukseskan kegiatan diet kehamilan, konsumsi kentang juga sanggup mengatasi sembelit yang sering menyerang ibu hamil. Perlu diketahui  bahwa indeks glikemik materi pangan ini hanya sekitar 55.

5. Ubi Jalar
Ubi jalar atau mantang merupakan masakan pengganti nasi yang cukup mempunyai banyak manfaat. Selain indeks glikemiknya yang rendah (sekitar 54), ubi jalar juga kaya akan akan vitamin A, C, dan mineral kalium.

Demikianlah beberapa makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang kondusif bagi ibu hamil. Mengkonsumsi makanan-makanan ini selama kehamilan selain sanggup menghilangkan rasa lapar juga sanggup memberi banyak manfaat.

Artikel Terkait

Makanan Pengganti Nasi Untuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email