Selasa, 19 Maret 2013

5 Ikan Yang Baik Untuk (Agar Janin Cerdas)

Mengkonsumsi ikan selama kehamilan sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Bahan pangan satu ini memang kaya akan gizi, sehingga sanggup membantu para ibu hamil untuk memperoleh bayi yang sehat. Namun, mengingat ternyata tidak semua jenis ikan (terutama ikan laut) baik dan kondusif dikonsumsi selama kehamilan, pemahaman ihwal jenis-jenis ikan yang baik untuk ibu hamil nampaknya menjadi perlu untuk Anda miliki.

Ikan yang Baik untuk

Sejatinya, semua ikan mempunyai kandungan gizi sehingga baik dikonsumsi selama kehamilan. Namun, adanya kandungan merkuri pada beberapa jenis ikan menciptakan Anda harus selektif dalam menentukan jenis ikan yang akan Anda konsumsinya. Merkuri yang tinggi pada ikan sanggup menciptakan pertumbuhan janin mengalami masalah, mulai dari alergi, cacat lahir, gangguan syaraf, dan problem perkembangan otak.

Menyadari hal tersebut, nampaknya penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis ikan yang baik dan yang dihentikan selama kehamilan. Berikut ini, kami telah menyusun beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil beserta alasannya. Silakan disimak!

1. Ikan Lele

Di antara ikan air tawar lainnya, ikan lele menjadi salah satu yang terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ikan lele mengandung lemak baik dan protein yang tinggi, dua zat gizi yang menyokong pertumbuhan dan perkembangan maksimal pada janin. Selain itu, daging ikan lele juga kaya akan fosfor dan kalium. Fosfor merupakan mineral penting yang diharapkan untuk pembentukan tulang janin, sedangkan kalium sanggup membantu jantung dan pembuluh darah untuk lebih sehat.

sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan 5 Ikan yang Baik untuk  (Agar Janin Cerdas)

2. Ikan Salmon

Ikan bahari memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi selama kehamilan alasannya yakni adanya kandungan merkuri, zat yang sanggup merusak pertumbuhan janin. Meski begitu, sejatinya kandungan merkuri dari masing-masing ikan bahari berbeda-beda. Ada yang tinggi dan ada yang rendah. Salah satu referensi ikan bahari dengan kandungan merkuri rendah contohnya ikan salmon. Ikan salmon termasuk mempunyai kadar merkuri rendah tapi mempunyai banyak manfaat bagi kehamilan, sehingga ia dikategorikan ke dalam jenis ikan yang baik untuk ibu hamil.

Ikan salmon mengandung asam lemak Omega 3, DHA, dan EPA. Ketiganya yakni zat yang sanggup mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan penglihatan pada janin. Jika Anda ingin mempunyai anak yang cerdas semenjak dalam kandungan, mengkonsumsi ikan yang berhabitat di Samudra Atlantik dan Pasifik ini mungkin merupakan pilihan tepat.

sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan 5 Ikan yang Baik untuk  (Agar Janin Cerdas)

3. Ikan Sarden

Ikan sarden kalengan juga termasuk golongan ikan yang baik untuk ibu hamil konsumsi. Ikan ini mengandung protein tinggi tapi sangat rendah merkuri. Yang perlu diingat ketika akan mengkonsumsinya, pastikan ikan kalengan yang Anda beli benar-benar berbahan ikan sarden, bukan ikan makarel. Selain itu, kalau sanggup usahakan pilih ikan sarden kalengan yang rendah sodium, terutama kalau Anda mengalami hipertensi selama kehamilan.

4. Ikan Teri

Meski ukurannya kecil, ikan teri rupanya mempunyai keistimewaan yang luar biasa dibandingkan jenis ikan lainnya. Ikan ini sangat kaya kalsium, zat yang penting untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu, ia juga kaya akan protein, fosfor, zat besi, beberapa vitamin, serta mineral lainnya. Dan yang paling penting, ikan ini sangat rendah merkuri sehingga kondusif dikonsumsi selama kehamilan.

sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan 5 Ikan yang Baik untuk  (Agar Janin Cerdas)

5. Ikan Mas

Ikan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya yakni ikan mas. Ya, ikan ini memang terang tidak mengandung merkuri, mengingat ia memang tidak akan sanggup hidup di perairan yang tercemar, sehingga kondusif dikonsumsi selama kehamilan. Selain itu,  ikan ini juga kaya protein, lemak baik, kalsium, fosfor, protein dan vitamin yang sanggup mencukupi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan janin.

Nah, itulah beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil beserta alasannya. Semoga dengan goresan pena ini, Anda dan janin sanggup terhindari dari paparan merkuri yang mengancam dalam ikan-ikan lainnya.

Artikel Terkait

5 Ikan Yang Baik Untuk (Agar Janin Cerdas)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email