Rabu, 27 Maret 2013

12 Keluhan , Tindakan Pencegahan Dan Pengobatannya

Selama kehamilan, Anda akan mengalami beberapa keluhan yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Keluhan-keluhan ini akan berlangsung mulai semenjak Anda mengetahui jikalau Anda hamil hingga proses persalinan tiba. Keluhan-keluhan ini umumnya akan menciptakan Anda mengalami ketidaknyamanan. Oleh lantaran itu, tindakan-tindakan pencegahan atau pengobatan mutlak dilakukan supaya Anda bisa tetap fit menjalani kehamilan Anda.  Apa saja tindakan pencegahan dan pengobatan dari keluhan-keluhan ibu hamil tersebut? Simak pemaparannya berikut ini!

1. Sakit Pinggang

Ketika rahim mengembang, banyak perempuan mulai mencicipi nyeri di paha, pangkal paha, perut, dan punggung mereka. Keluhan ibu hamil ini umum terjadi lantaran disebabkan oleh melonggarnya sendi, peningkatan berat badan, dan besarnya tekanan dari kepala janin. Untuk mengatasinya, pilihan terbaik yang sanggup Anda lakukan ialah mencukupi kebutuhan istirahat Anda.

 Anda akan mengalami beberapa keluhan yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya 12 Keluhan , Tindakan Pencegahan dan Pengobatannya

2. Sesak Nafas

Keluhan ibu hamil yang selanjutnya ialah sesak nafas. Sesak nafas umum terjadi pada trimester ketiga kehamilan lantaran imbas perkembangan janin yang menekan ruang di paru-paru sehingga kemampuan organ ini untuk menyimpan volume oksigen jadi semakin sedikit. Untuk mengatasi keluhan ini, Anda disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi masakan yang mengandung zat besi, menghindari kopi dan minuman bersoda, serta melaksanakan latihan yoga.

3. Sembelit

Keluhan sembelit pada ibu hamil disebabkan kadar hormon kehamilan yang meningkat. Hormon akan mengendurkan otot di usus dan memperlambat pencernaan, sehingga masakan Anda tidak dicerna dengan lembut. Adapun untuk membantu meminimalkan keluhan ibu hamil yang satu ini, beberapa cara yang bisa dilakukan contohnya banyak minum air, hindari kafein, banyak makan masakan kaya serat dan mencoba olahraga ringan.

4. Kelelahan dan Susah Tidur

Pada trimester pertama, banyak perempuan merasa sangat lelah meskipun telah banyak istirahat, sedangkan selama trimester ketiga biasanya mereka justru akan tak bisa tidur lantaran bayi bergerak lebih sering, tekanan berlebih di potongan perut, dan sering buang air kecil. Untuk membantu diri Anda mendapat waktu tidur lebih banyak, cobalah tidur dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil atau dengan mencoba untuk pergi tidur lebih awal.

 Anda akan mengalami beberapa keluhan yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya 12 Keluhan , Tindakan Pencegahan dan Pengobatannya

5. Mulas, Maag, dan Gangguan Pencernaan

Mulas, maag, dan gangguan pencernaan yang terjadi ketika masa kehamilan umumnya disebabkan pertumbuhan rahim yang semakin besar dan imbas hormon kehamilan. Pertumbuhan rahim menciptakan kanal pencernaan melambat dan menimbulkan kembung, sedangkan hormon akan mengendurkan potongan yang memisahkan perut dan kerongkongan. Untuk mengatasi keluhan ibu hamil yang satu ini, hindarilah gorengan atau masakan berminyak, masakan pedas atau jeruk, dan mengkonsumsi kudapan sehat untuk ibu hamil.

6. Wasir

Beberapa penelitian menerangkan bahwa hampir 50% perempuan hamil akan mengalami wasir di masa kehamilannya. Keluhan ibu hamil satu ini umumnya disebabkan oleh peningkatan volume darah yang kemudian menimbulkan pembesaran pembuluh darah, perkembangan rahim, dan sembelit. Untuk mengatasinya, minumlah banyak cairan, makan masakan tinggi serat, dan jangan mengejan terlalu keras ketika buang air besar.

7. Kram Kaki

Kram kaki bisa tiba tiba-tiba dan biasanya terjadi ketika tidur di malam hari. Keluhan ibu hamil satu ini umumnya disebabkan lantaran perubahan tubuh dalam memproses kalsium. Untuk membantu duduk perkara ini, lenturkanlah kakiregangkan otot-otot, dan aktiflah bergerak melalui olahraga atau latihan ringan.

8. Gatal

Sekitar 20% perempuan mengalami gatal di potongan perut, telapak kaki, atau telapak tangan selama masa kehamilannya. Gatal terjadi biasanya disebabkan oleh perubahan hormon kulit dan peregangan kulit selama kehamilan. Adapun cara terbaik untuk mencegah duduk perkara ini ialah dengan menghindari mandi air panas, mengoleskan lotion pelembab atau minyak zaitun pada potongan yang gatal, serta memakai bedak bayi sehabis mandi.

 Anda akan mengalami beberapa keluhan yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya 12 Keluhan , Tindakan Pencegahan dan Pengobatannya

9. Morning Sickness

Morning sickness sanggup terjadi sepanjang hari dan biasanya hanya akan dialami selama trimester pertama dan awal trimester kedua. Anda sanggup mengurangi keluhan ibu hamil yang satu ini dengan mengonsumsi masakan dingin (seperti roti kering) sebelum Anda bangkit dari kawasan tidur, banyak masakan kudapan sehat, menghindari bau busuk atau bau menyengat, dan tidak berbaring sehabis makan.

10. Bengkak

Bengkak umumnya terjadi pada beberapa potongan tubuh, khusunya pergelangan kaki, tangan atau wajah. Keluhan ibu hamil ini terjadi lantaran penyempitan pembuluh darah sehingga caira tubuh tidak didistribusikan dengan normal. Cara terbaik untuk mengatasinya ialah dengan minum cukup air dan meninggikan posisi kaki Anda ketika berbaring.

11. Sering Buang Air Kecil

Bayi Anda akan menekan otot dasar panggul, uretra, dan kandung kemih Anda dan menimbulkan Anda lebih sering ingin buang air kecil dan ngompol. Keluhan ibu hamil yang satu ini sanggup diatasi dengan melaksanakan latihan senam kegel supaya otot-otot Anda bisa menjadi lebih kuat.

12. Stretch Marks dan Perubahan Kulit Lainnya

Stretch mark biasanya terjadi pada payudara, perut, pantat, dan paha selama paruh kedua kehamilan Anda. Beberapa perempuan juga mempunyai perubahan kulit lainnya menyerupai kulit gelap, jerawat, dan melasma. Namun jangan cemas, lantaran sebagian keluhan ibu hamil tersebut umumnya akan hilang dan memudar sehabis Anda melahirkan.

Nah, itulah beberapa keluhan ibu hamil yang mungkin Anda alami di masa kehamilan Anda kelak. Nikmati proses ini dan jangan lupa untuk berkonsultasi pada tenaga kesehatan setempat supaya jangan hingga aneka macam keluhan di atas mengganggu Anda terlalu lama. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

12 Keluhan , Tindakan Pencegahan Dan Pengobatannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email