Selasa, 12 Februari 2013

Panduan Cara Memandikan Bayi Gres Lahir + Gambar Dan Video

Cara Memandikan - Bayi yang gres lahir harus dimandikan segera biar ia higienis dari segala kotoran yang melekat di tubuhnya. Akan tetapi kondisi tubuh bayi yang masih lembut dan sangat riskan, menciptakan banyak orang menjadi takut kalau disuruh memandikan mereka. Memandikan bayi bagi orang yang belum berpengalaman memang tidak disarankan alasannya yaitu berisiko menimbulkan bayi tergelincir, salah urat, dan terantuk. Oleh alasannya yaitu itu, bagi Anda yang masih gres melaksanakan persalinan, sebaiknya hindarilah memandikan bayi gres lahir Anda sendiri. Mintalah bidan atau orang renta yang sudah lebih berpengalaman dalam hal ini untuk melakukannya.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Meski tidak disarankan untuk dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman, bukan berarti bahwa Anda dihentikan mempelajari bagaimana cara memandikan bayi gres lahir dengan benar. Jika Anda ingin belajar, Anda dapat membaca panduannya tahap demi tahap berikut ini.


1. Persiapan Peralatan Mandi

Hal pertama yang dilakukan dalam cara memandikan bayi gres lahir yaitu menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Alat-alat memandikan bayi tersebut antara lain bantal dan handuk, kolam mandi bayi, kain waslap, bola kapas, handuk bertopi popok bersih, alkohol, bedak bayi, sabun bayi, shampoo, gunting kuku, dan sikat halus. Usahakan semua alat yang disiapkan tersebut mempunyai tekstur yang lembut dan penggunaannya memang dikhususkan bagi bayi.

2. Cara Memandikan Bayi

Setelah peralatan mandi siap, selanjutnya Anda dapat pribadi memandikan bayi yang gres lahir itu dengan cara sebagai berikut:
  1. Pilihlah ruangan dengan suhu yang tidak terlalu hambar dan tidak terlalu panas.
  2. Isi kolam atau ember dengan air hangat (suhu 37 derajat Celcius) setinggi 7 cm saja.
  3. Letakan sabun dan sampho khusus bayi, popok bersih, handuk lembut, serta pakaiannya di sekitar Anda.
  4. Gendong bayi Anda, masukan ia ke dalam kolam dimulai dari kaki.
  5. Letakan tangan kiri Anda untuk menyangga leher dan kepala bayi.
  6. Basuh rambut di kepalanya, kemudian berikan sampho khusus bayi. Usahakan jangan hingga air dan busa mengenai area wajah dan matanya.
  7. Bilas rambut, kemudian cuci wajahnya, bersihkan belek di sekitar mata, ingus di lubang hidung, dan kotoran-kotoran lainnya tanpa memakai sabun.
  8. Kemudian, tuangkan merata air dari dalam kolam ke tubuh bayi secara perlahan biar bayi Anda tidak kaget dan kedinginan.
  9. Sabuni bayi dengan sabun khusus bayi. Gosok seluruh tubuhnya perlahan, terutama bagian-bagian tubuh yang tersembunyi menyerupai ketiak, leher, selangkangan, dan siku bab dalam.
  10. Bilas tubuh bab atasnya dan gosok memakai kain atau spons untuk membersihkan busa sabun yang masih menempel.
  11. Balik tubuh bayi Anda, kemudian basahi tubuh bab belakangnya, sabuni dan bilas. Jangan lupa untuk menggosok duburnya dengan jari telunjuk Anda.
  12. Angkat bayi dan letakan ia di atas handuk lembut. Lap tubuh bayi hingga kering.

3. Perlakuan sehabis Mandi

Setelah dimandikan, bayi kemudian  diletakan di atas kasur untuk diberi pakaian. Namun, sebelum pakaian dikenakan padanya, ada beberapa treatment khusus yang harus Anda lakukan. Treatment tersebut antara lain:
  1. Usapkan kayu putih atau minyak telon pada dada, perut, punggung dan leher bayi secara merata.
  2. Taburkan bedak secara merata pada bab tubuh yang sudah diusapi minyak telon. Usapkan juga bedak pada pipi, dahi, dan hidungnya.
  3. Kenakan gurita, popok, baju, kaos kaki, kaos tangan, dan ciput ketu (penutup kepala).
  4. Setelah itu, susui bayi Anda dan biarkan ia tidur di pangkuan Anda.

Nah, itulah panduan cara memandikan bayi gres lahir beserta tips mendandaninya. Lakukan cara ini dengan penuh kehati-hatian biar jangan hingga bayi Anda terantuk atau salah urat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Panduan Cara Memandikan Bayi Gres Lahir + Gambar Dan Video
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email