Kamis, 07 Februari 2013

13 Ciri Ciri Hamil Muda Lengkap (Minggu Pertama Sd Telat Haidh)

Kehamilan merupakan cita-cita semua perempuan. Dengan mengalami anugerah ini, secara aktual mereka telah nyaris menjadi perempuan seutuhnya. Mereka akan memulai fase awal dari tahapan panjang menjadi seorang ibu. Sungguh sangat menyenangkan!

Akan tetapi, meski begitu diharapkan, tak sedikit rupanya perempuan yang tidak mengetahui bagaimana ciri ciri hamil muda yang sebenarnya. Mereka sering kali tidak menyadari secara dini bahwa mereka sedang memulai kehamilannya. Padahal mengetahui secara dini suatu kehamilan akan menjadi modal utama dalam menjaga calon buah hati berada dalam kondisi kesehatan dan pertumbuhan yang baik.

Ciri Ciri Hamil Muda

Menyadari minimnya pengetahuan para perempuan ihwal bagaimana ciri hamil muda yang sebenarnya, berikut ini telah ibu-hamil.web.id susun mengenai ciri-ciri hamil muda mulai dari yang muncul dikala ahad pertama (sebelum telat haidh) hingga usia 1 bulan dan seterusnya. Silakan disimak!

 secara aktual mereka telah nyaris menjadi perempuan seutuhnya 13 Ciri Ciri Hamil Muda Lengkap (Minggu Pertama sd Telat Haidh)

1. Adanya Bercak Darah

Ciri hamil muda yang pertama yaitu ditemukannya bercak darah. Ya, beberapa perempuan akan menemukan bercak darah di celana dalamnya pada ahad pertama kehamilan mereka. Bercak darah yang ditemukan umumnya hanya sedikit dan tidak mengakibatkan rasa sakit. Munculnya bercak darah pada masa ini juga bukan merupakan tanda ancaman kehamilan. Anda tak perlu khawatir kalau mengalaminya. Namun, sesudah menemukan tanda ini, sebaiknya Anda mulai menjaga konsumsi masakan Anda. Hindari obat-obatan warung atau jenis obat pereda rasa sakit lainnya.

2. Kram Perut

Bercak darah yang ditemukan pada ahad pertama kehamilan umumnya akan disertai munculnya rasa sakit pada perut dikala malam hari. Rasa sakit perut yang juga disebut dengan istilah kram perut ini muncul alasannya yaitu proses implantasi janin pada rahim Anda. Kram biasanya akan disertai rasa mulas yang memutar dan intensitasnya akan semakin berpengaruh ketika menjelang tidur. Jangan takut kalau Anda mengalami ciri ciri hamil muda satu ini. Nikmati prosesnya dan ia akan hilang sendiri kalau kehamilan telah mencapai usia 2 bulan.

3. Perubahan Payudara

Pada ahad pertama kehamilan, Anda juga akan menemukan perubahan pada payudara Anda. Ia akan terasa lebih sensitif, baik ketika disentuh maupun dikala terkena kain bra. Selain itu, ukurannya juga akan semakin membesar, teksturnya terasa lebih empuk dan lembut, muncul rasa gatal, dan putingnya terasa sedikit menjulang. Perubahan payudara yang merupakan ciri ciri hamil muda ini muncul alasannya yaitu perubahan hormonal badan Anda dalam mempersiapkan proses perkembangan janin.


4. Praktis Lelah

Ciri-ciri orang hamil muda yang sanggup diidentifikasi pada ahad pertama kehamilan selanjutnya yaitu munculnya rasa gampang lelah sesudah melaksanakan acara harian. Ciri ini umumnya timbul pada mereka yang mengidap tekanan darah rendah dan anemia.  Istirahat cukup dan mengkonsumsi embel-embel penambah darah menyerupai Sangobion atau Sakatonik mungkin diharapkan untuk segera meredakan duduk kasus yang timbul. Jangan lupa konsultasikan pula hal ini pada tenaga medis setempat.

5. Telat Haidh

Setelah muncul keempat tanda kehamilan ahad pertama di atas, Anda kemudian akan menyadari bahwa Anda sedang hamil. Siklus menstruasi yang biasa Anda temukan setiap bulan, sekarang terhenti. Ovarium Anda sudah terbuahi dan tidak lagi dikeluarkan lagi oleh badan melalui darah mens. Kurang lebih selama 9 bulan ke depan, siklus ini terhenti.

6. Mual dan Muntah

Gejala morning sickness kemudian menghampiri Anda di trimester awal kehamilan. Rasa mual dan ingin muntah muncul setiap saat, terutama ketika pagi hari. Anda tak perlu khawatir dengan ciri-ciri hamil muda yang satu ini. Ia akan hilang dengan sendirinya ketika usia kehamilan sudah memasuki usia 3 bulan. Yang perlu diketahui yaitu Anda sanggup meringankan tanda-tanda mual dan muntah ini melalui tips-tips sederhana mengatasi mual muntah dikala hamil muda di artikel ini.

 secara aktual mereka telah nyaris menjadi perempuan seutuhnya 13 Ciri Ciri Hamil Muda Lengkap (Minggu Pertama sd Telat Haidh)

7. Sering Buang Air Kecil

Beberapa perempuan akan mengalami sering buang air kecil atau anyang-anyangen pada masa awal kehamilan pertamanya. Ciri-ciri hamil muda ini muncul akhir adanya tekanan janin yang mulai tumbuh pada kandung kemih. Volume kandung kemih akan mengecil akhir tekanan ini sehingga menciptakan air seni yang diproduksi ginjal tidak sanggup ditampung terlalu banyak. Ia harus dibuang melalui pipis yang sering. Akan tetapi janganlah khawatir kalau Anda mengalami hal ini. Gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya pada usia kehamilan 12 minggu.

8. Mengidam

Ciri hamil muda yang satu ini tentu sudah umum di masyarakat kita. Wanita yang hamil muda memang akan mempunyai keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan dengan rasa tertentu, menyerupai asin, gurih, asam, pedas dan lain sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang masuk akal terjadi. Nyidam secara umum muncul akhir adanya perubahan hormon dan fisiologis badan ibu hamil yang mulai menyesuaikan diri dalam mempersiapkan tumbuh kembang janin.

9. Sensitif pada Penciuman

Jangan terkejut kalau kemudian indra penciuman Anda menjadi begitu sensitif terhadap aroma tertentu. Hal ini juga merupakan ciri ciri hamil muda yang umum terjadi. Sensitivitas terhadap bacin merupakan dampak perubahan hormon kehamilan. Pada masa ini, beberapa ibu hamil umumnya akan tidak suka dengan bacin bawang putih, minyak wangi atau asap rokok. Akan tetapi ada pula yang justru jadi menyukai aroma-aroma tertentu.

10. Praktis Mengantuk

Pada tahap selanjutnya, gampang lelah akan bermetamorfosis gampang mengantuk. Ya, Anda akan menjadi gampang mengantuk terutama dikala pagi menjelang siang. Ini tak masalah. Jika mengantuk, tidurkan saja. Jangan dipaksa untuk bekerja alasannya yaitu secara fisik dan fisiologis, badan Anda memang tengah meminta untuk diistirahatkan.

11. Gelisah dan Stres

Munculnya rasa gelisah dan kekhawatiran yang tak terang juga sanggup menjadi ciri ciri perempuan hamil muda. Meski jarang terjadi, beberapa ibu hamil mengalami tanda ini. Mereka akan dilanda gelisah yang bahkan sanggup membawa ke arah stress. Dalam hal ini, peranan orang terdekat menyerupai suami sangat diharapkan untuk menjaga keseimbangan emosionalnya.

Nah, sesudah mengalami 11 ciri ciri hamil muda di atas, beberapa perempuan (termasuk juga mungkin Anda) biasanya masih akan belum percaya bahwa dirinya memang telah hamil. Hal ini cukup beralasan dari sisi psikologi. Namun, untuk lebih meyakinkannya lagi, Anda sanggup melaksanakan pengecekan lebih lanjut, baik melalui tes urine maupun melalui USG dini.

 secara aktual mereka telah nyaris menjadi perempuan seutuhnya 13 Ciri Ciri Hamil Muda Lengkap (Minggu Pertama sd Telat Haidh)

12. Tes Urine

Tes kehamilan yang paling gampang dilakukan yaitu memakai test pack. Alat tes kehamilan ini banyak dijual di apotek dan di minimarket. Ada banyak jenisnya, ada yang harganya Rp. 5.000, ada pula yang harganya hingga Rp. 25.000.

Baik yang berharga mahal maupun yang berharga murah, keduanya tetap sanggup dipakai sebagai alat test yang akurat untuk mengecek kehamilan Anda. Baca dengan seksama bagaimana cara memakai alat tersebut dan lihat sendiri hasilnya. Biasanya, kalau hasil tes menandakan 2 garis, maka kehamilan Anda positif sedangkan kalau hanya menandakan 1 garis berarti kehamilan Anda negatif.

13. USG Dini

Mengetahui kehamilan pada usia dini dengan melaksanakan USG memang jarang dipilih. Akan tetapi, cara satu ini terbilang cukup akurat. Selain itu, dengan melaksanakan USG dini, Anda juga sanggup mengetahui bagaimana keadaan janin yang mulai tumbuh di dalam rahim. Anda sanggup melaksanakan deteksi dini terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk pada pertumbuhan janin Anda, menyerupai duduk kasus hamil anggur atau kehamilan molar.

Nah, demikianlah ciri ciri hamil muda yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga sanggup menjadi warta berharga bagi Anda. Dan kalau Anda telah mengalami beberapa dari 13 ciri di atas, kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Terima kasih.

Artikel Terkait

13 Ciri Ciri Hamil Muda Lengkap (Minggu Pertama Sd Telat Haidh)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email