Minggu, 06 Januari 2013

Bolehkah Makan Bakso? Ini Jawabannya!

Bakso yakni masakan yang menjadi favorit bagi banyak masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih serta tekstur dagingnya yang khas menciptakan hampir semua orang menyukainya, termasuk para ibu hamil. Namun, bolehkah ibu hamil makan bakso? Apakah konsumsi bakso bagi ibu hamil terbilang aman? Adakah risiko makan bakso selama kehamilan terhadap perkembangan janin? Untuk tahu jawabannya, simaklah pemaparan berikut!

Bolehkah Makan Bakso

Beberapa situs kehamilan yang bertebaran di internet menginformasikan bahwa konsumsi bakso selama kehamilan sanggup mengakibatkan beberapa duduk masalah serius terhadap pertumbuhan janin, ibarat risiko bayi lahir cacat, berat bayi lahir rendah, hingga timbulnya tanda-tanda autisme.

Bakso yakni masakan yang menjadi favorit bagi banyak masyarakat Indonesia Bolehkah  Makan Bakso? Ini Jawabannya!

Informasi terkait bolehkah ibu hamil makan bakso tersebut tentu sangat mengkhawatirkan terutama bagi mereka yang gres hamil pertama kali. Daripada menjadikan duduk masalah bagi bayi yang dikandungnya, kebanyakan dari mereka kemudian lebih menentukan untuk menghindari makan bakso dikala hamil. Namun, bekerjsama benarkah info ini?

Informasi tersebut bekerjsama tidak sepenuhnya benar. Bakso yang diolah dari bahan-bahan berkualitas memakai cara pengolahan yang tepat, tentu tidak akan menjadikan duduk masalah bagi ibu hamil. Anda tetap boleh makan bakso dikala hamil, asalkan Anda sanggup memastikan ke-higienis-an bakso yang Anda makan.

Bakso dibentuk dari daging sapi, sehingga tentunya ia akan mengandung banyak sekali nutrisi penting yang menunjang bagi kesehatan kehamilan, ibarat protein, zat besi, omega 3, selenium, dan vitamin B kompleks. Oleh alasannya itu, Anda justru akan memperoleh manfaat kalau sesekali mengkonsumsinya.

Kendati terbilang aman, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal kalau memutuskan untuk menkonsumsi bakso selama kehamilan.

1. Bakso Buatan Sendiri

Pertama, Anda dianjurkan untuk menciptakan bakso sendiri di rumah. Mengkonsumsi bakso buatan sendiri akan menghapuskan segala kecemasan Anda terkait kualitas olahan bakso yang Anda makan. Selain itu, Anda juga sanggup mengatur seberapa banyak bumbu penyedap, garam, dan komposisi materi lainnya yang mungkin berisiko terhadap kesehatan.

2. Jangan Beli Bakso Sembarangan

Hindari untuk membeli bakso dari warung, penjaja keliling, atau sebangsanya. Kita tidak sanggup memastikan apakah mereka benar-benar menciptakan bakso dari materi yang baik, apakah mereka tidak mencampurkan materi pengawet ke dalam bakso, dan lain sebagainya.
Ikan Asin untuk
Agar Kulit Bayi Putih
Bolehkah Berpuasa

3. Bahan Pengawet Berbahaya

Kekhawatiran utama dari konsumsi bakso yang dibeli dari penjaja yakni kandungan materi pengawet yang ditambahkan ke dalam bakso tersebut. Seperti diketahui bahwa dikala ini memang cukup banyak pedagang bandel yang menambahkan formalin, boraks, dan materi kimia berbahaya lainnya ke dalam produk masakan yang mereka olah sebagai pengawet.

Kandungan bahan-bahan pengawet tersebut, bagi orang yang tidak hamil memang tidak akan menjadikan efek secara langsung, akan tetapi kalau hingga dikonsumsi janin, maka risiko terganggunya pertumbuhan otak janin (cacat tabung syaraf) akan menjadi tinggi.

4. Toksoplasma dari Daging Sapi

Selain kekhawatiran terhadap kandungan materi pengawet, usulan untuk tidak makan bakso yang dijajakan dikala hamil juga muncul alasannya materi dasar bakso, yakni daging sapi yang sudah tidak segar. Daging yang tidak segar mempunyai risiko kandungan kuman toksoplasma tinggi. Jika hingga ke janin, kuman toksoplasma sanggup mengakibatkan bayi lahir cacat.

5. Garam dan Hipertensi

Dan terakhir yakni garam. Garam yang terlalu banyak pada bakso sanggup meningkatkan risiko naiknya tekanan darah. Tekanan darah tinggi yakni duduk masalah serius bagi banyak kehamilan. Terutama kalau Anda mengidap hipertensi, hindarilah mengkonsumsi terlalu banyak garam pada masakan Anda, termasuk juga pada bakso yang Anda makan.

Demikian balasan yang sanggup kami sampaikan terkait pertanyaan bolehkah ibu hamil makan bakso. Kesimpulannya, Anda tetap boleh mengkonsumsi bakso asalkan dalam batas normal dan sanggup memastikan kualitas bakso yang Anda makan. Tetaplah jadi ibu hamil yang cerdas! Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Bolehkah Makan Bakso? Ini Jawabannya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email